On Mon, 11 Mar 2002 10:41:54 +0100 (MET)
I Made Wiryana <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> On Mon, 11 Mar 2002, Issotyo P.B.S wrote:
> Apa swadaya harus berawal dari ketidakpuasan (he.he.jangan mikir yang
> macam-macamh.eh.e.he)

Nggak kok, hanya kepikiran self..... ups ?

> Swadaya yang baik adalah swadaya yg didorong oleh rasa kemandirian
> (tidak ingin tergantung).  He..he. menyontek kata-katanya Gandhi

Benar sekali, makanya swadaya kan ? Kalau puas dengan ketergantungan kan tidak ngambil
pilihan swadaya ?

> Kerja sama, komuniktasi adalah hal yang paling sulit di Indoensia.
> PAdahal katanya bangsa kita dalah bangsa "gotong royong"

Hmmm memang sih, parahnya ditambah lagi dengan kurangnya pengertian pada visi bersama
(lack of shared vision). Dari artikel majalah manajemen ttg manajemen multi nasional,
yang cocok diIndonesia adalah adanya teladan dan komunikasi terus menerus. Dan memang
benar kan ? Bukannya memperbaiki sistem secara keseluruhan, yang sering terjadi ganti
dan copot pemimpin. Pemimpin jadi keramat karena konteks "teladan".

Btw hehehe kok saya cuma mengeluh aja nih ? Minimal harus kasih solusi nih...
Hmmm dalam konteks kampus E dan asisten. Gimana kalau komunikasi dijalin dengan
modifikasi pertemuan asisten baru ? Bikin ramahtamah/silahturahmi lab kampus E (dulu
pernah ada kan ?), keuntungannya banyak lho..... atau waktu nggak ada jadwal praktikum
(liburan) bikin pelatihan buat tukar menukar ilmu.
Memang untuk menjual ide kita harus tahu dulu apa kebutuhan pembeli ide . Misalnya
swadaya internet, keuntungan buat asisten apa, buat lab apa, buat komunitas E apa,
buat Gunadarma apa. Kalau memang match, investor pasti gak jauhlah ^_^ hehehehe...
ngomong apa saya ini ;-)

[^_^]
IPBS
PS: Misi tersembunyi... menghijaukan LabTI yang gersang. ^_^