On Wed, 2 Jun 2004, Ari Yudanto wrote:

> # Di saat ini emangnya masih ada PTN yang masih full subsidi Pak ?

>    Tetapi jujur Pak diwaktu saya kuliah dulu di Gunadarma , biaya kuliah di
> Gunadarma masih termasuk murah dibandingkan dengan kampus yang mempunyai
> jurusan yang sama dan mempunyai mutu yang sama.Memangnya sekarang biaya per
> sks nya berapa Pak ?

Saya juga kurang tahu (bisa sih saya cari tahu he he he), tapi kalau saya
mencoba membandingkan dg "fair".  Ambil contoh tetangga Gunadarma (UI),
mereka sudah tidak perlu membayar investasi gedung, SDM, fasilitas, gaji
dosen-karyawan. Dan mengenakan biaya ke mahasiswa per tahun berapa kepada
para mahasiswa.

Nah sekarang bandingkan dg PTS, seperti Univ Gunadarma, yg mau tidak mau
harus menutupi biaya semuanya, dari investasi gedung (yg cicilannya harus
dibayar), fasilitas, SDM (misal nyekolahin staf. dan memberikan beasiswa
ke mahasiswa).

Utk itu mungkin kita bisa membandingkan mana yg lebih murah dan mahal.