Pak Agung, swap itu dulu digunakan seperti chace memory artinya dulu khan memori masih kecil-kecil kapasitasnya jadi perlu swap 2kalinya agar loading program dan system kernelnya cepet. Kalo di windows itu namanya apa yah kok lupa, yg jelas diwindows nama file filenya adalah paging.sys Biasanya saya dulu kalo pake wins ini file juga diperbesar kapasitasnya. Nah sekarang khan memori udah gede2 kapasitasnya tuh jadi kalo menurut pak Agung gak perlu pake swap jg tdk masalah.. Mungkin mau memperbesar space hd. Saran sih biarkan aja sistemnya yg mengatur itu, swap ikutin aja standar kebutuhannya. Toh itu nanti diperlukan misalnya untuk compile rogram dll.
Semoga membantu. ------Original Message------ From: Agung Terminanto Sender: To: Mailing List Komunitas openSUSE Indonesia ReplyTo: Mailing List Komunitas openSUSE Indonesia Subject: Re: [*openSUSE-ID*] Tanya:ukuran partisi swap Sent: Oct 16, 2008 15:58 On Thu,16 October 2008 14:15:31 Bonnie Kurniawan wrote: > Sudah tepat dengan yang anda baca. "Ikan hiu ikan cucut > Lanjutttttttttttttttttttt" Pak Bonnie K, Thank Tp dilain pihak,Notebook saya pakai RAM 2GB Ketika secara otomatis di setting oleh opensuse 11, kok ternyata dia secara otomatis membuat swap parisi berukuran 2 GB. Kenapa nggak diset otomatis, 1 GB? jadi skr ini RAM saya 2 GB, swap saya 2 GB, Sdh OK kah? atau malah harus dikecilkan swapnya? Thank sebelumnya.. _______________________________________________ milis mailing list [email protected] http://lists.opensuse-id.org/listinfo.cgi/milis-opensuse-id.org ---------------------------------------- Sent from my ojeckBerry® powered by Sinyal Kuat INDOSAT _______________________________________________ milis mailing list [email protected] http://lists.opensuse-id.org/listinfo.cgi/milis-opensuse-id.org
