> Metoda ini banyak digunakan para SHOOTER yang melakukan AQUISITION,
> Biasanya suatu perusahaan yang di AKUISISI dinilai sebesar 5 kali
> EBITDA bya. Angka lima ini memang bervariasi tapi
> angka 5 ini umum digunakan.
>
> Jadi EV = 5 x EBITDA

Menurut Ben. Graham EBITDA = Owner's earnings (nilai return yang sebenarnya
untuk owner / shareholder).

> Jadi angka 5 ini mirip PAYBACK PERIOD alias dalam berapa tahun
> investasi balik ke kantong investor.
>
> Jika sebuah perusahaan punya prospek yang baik,para SHOOTER
> berani menaikan angka 5 ini misalnya menjadi 8.

Saya pikir yang susah adalah mencari nilai pengali yang wajarnya.
Bagaimanakah menentukan nilai pengali yang wajar untuk contoh Carrefour: 5
atau 8 atau mungkin lebih dari itu.

In low income neighborhoods, 84% do not own computers.
At Network for Good, help bridge the Digital Divide!
http://us.click.yahoo.com/EpW3eD/3MnJAA/cosFAA/zMEolB/TM