--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "ekonombeling"
<ekonombel...@...> wrote:

> wah.kl dah menyangkut "nama saham", mending ke para trader langsung
> ya, lebih jago mereka drpd saya. o iya dah jarang nulis lagi, belum
> ada waktu.

Keahlian Para ekonom seperti Pak Sirait Phd dan pak Ekonombeling
sangat diperlukan dipasar modal untuk targeting harga saham dan index
dimasa depan.

Dua faktor utama yang sangat menentukan index dimasa depan adalah:
1. Growth.
2. Cost of capital/Suku bunga.

Secara UMUM (dari rumus Gordon growth):
- Harga saham/index berbanding lurus dengan Growth
- Hraga saham/index berbanding terbalik dengan Cost of capital

- Growth:
  Pertumbuhan GDP, secara kasar mewakili pertumbuhan para emiten.
- Cost of capital.
  Tingkat suku bunga, inflasi, kebijakan monter dan fiskal merupakan
  subject para Ekonom.

Jadi jika kita BISA meramalkan Growth dan Suku bunga 2009, kurang
lebih kita tahu index akan naik atau turun keberapa pada thn 2009.

Dulu pernah ada tulisan dimilis OB tentang model perhitungan
IHSG dengan menggunakan basis GDP dari seorang pengajar UI. Embah
lupa namanya.

Mohon dikoreksi jika ada yang kurang tepat.

Kirim email ke