From: "JT" <jsxtra...@yahoo.com>

Date: Sat, 24 Jan 2009 11:49:43
To: <obrolan-bandar@yahoogroups.com>
Subject: RE: [obrolan-bandar] Re: BUMI chart 15 Menit 230109

Karena lg ngomongin distribusi apa akumulasi, berikut pandangan saya, sedikt
berbeda dgn rekan saya Pak PM...

-setelah beberapa hari di-markdown dgn cara short dan pasang barikade jutaan
lot pada sisi offer, terjadilah climax, yg ditandai dgn lonjakan volume yg
luar biasa, pada harga 470.

-Meskipun harga sempat hatuh ke 385, namun market berhasil meng-absorb
dengan baik, dan bahkan mental saat itu juga dan berhasil close > 470, ini
mengkonfirmasi kekuatan support 470..., Notice Saat mental tsb, volume saat
itu lebih dari setengah volume saat terjadi klimax, dan mostly adalah
POSITIVE volume.

-Selanjutnya harga bergerak sideways, volume menciut drastis, tidak terlihat
ada lonjakan-lonjakan signifikan. Harga ngga kemana-mana..

Menurut saya;

Jelas ini bukan distribusi, mana mau BD distribusi hanya beberapa point dari
harga beli (we are talking the real BD..).., distribusi akan terjadi saat
harga bergerak naik namun volume menciut, atau harga ngga naik-naik tapi
volume tinggi, tapi itu dilakukan BUKAN di dasar trend (seperti yg terjadi
di BUMI), tapi DIATAS suatu trend.

Saya cenderung melihat sedang terjadi akumulasi, BD masih belum selesai
ngumpulin barang, karenanya barikade tebal-tebal dipasang agar harga tidak
naik dulu.., dalam beberapa hari kedepan kemungkinan akan terjadi spike
sekali-sekali yg diikuti dgn GUYURAN kebawah..., spike tsb disebabkan
pembelian dalam jumlah besar yg mendorong harga naik, namun diantisipasi
dengan guyuran agar harga ngga 'jalan' dulu..., beli 10, timpuk kebawah 5..

Selama proses itu terjadi, harga akan bergerak dalam satu range harga dulu /
sideways. Once proses akumulasi selesai, dan situasi sdh memungkinkan, baru
BD akan lepas 'rem tangan' dan melakukan buy dgn agresif.., maka breakout
akan terjadi.

Apakah harga masih bisa turun lagi?.., kalau tidak di maintain bisa saja
harga jatuh karena it's own weight, jatuh tampa volume.., tapi ini bisa
merepotkan BD karena akan banyak copet & jambret yg masuk dan kabur beberapa
point diatas.., ini akan menambah cost BD...., btw emang ada yg mau beli
kalau harga digebuk lagi?? Well, biar bagaimanapun saham punya nilai secara
fundamental, dan BD sama BD juga suka main sikut-sikutan. Nah, jadi tugas BD
sekarang menjaga agar harga ngga nyungsep terlalu dalem lagi.., kalau nanti
jatuh, kesempatan buat trader untuk kolek dikit-dikit.

Kesimpulan; no distribusi detected, justru akumulasi.., masalahnya kita ngga
tau kapan selesainya.., Silahkan disanggah jika ada yg ngawur.., after all,
belum tentu dugaan saya benar.

Regards,

JsxTrader

Intraday 15 menit