http://www.thedanielcode.com/public/up/Golden%20Touch.Traders%27%20Journal.pdf

Pak DE, bagaimana dengan gold? (saat rata2 currency dihancur2in semua)?

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, bayu murti <bayumurti1...@...>
wrote:

>  Kl saya amati strategi US: BAGAIMANA CARANYA MENCETAK UANG
SEBANYAK2NYA TAPI NILAINYA TIDAK TURUN....Jalan satu2nya: MENAIKAN
KAPASITAS PRODUKSI DUNIA SEBESAR2NYA...
> Kl devaluasi emmm otomatis semua barang harganya naik drastis,
apalagi minyak, bisa 200$
> --- Pada Sel, 3/2/09, Dean Earwicker <dean.earwic...@...> menulis:
> Dari: Dean Earwicker <dean.earwic...@...>
> Topik: USD devaluation? -- Re: Balasan: [obrolan-bandar] Re:
Transaksi Saham  Semakin Sepi
> Kepada: obrolan-bandar@yahoogroups.com
> Tanggal: Selasa, 3 Februari, 2009, 4:19 PM
>

>             Obama lagi minta restu DPR buat ngegolin kebijakan
proteksionis industri dalam negeri, agar sektor ril jalan dan dapat
bersaing dengan negara lain. Ada berita headline di kontan.

> Logika nih: kalau dolar kuat gimana bisa bersaing? Gak laku di pasar
internasional. Kita semua tahu tenaga kerja untuk sektor industri, IT
dan sains banyak diambil dari India, dan negara Asia lain, karena
"pribumi" nya mahal gajinya. Produk US pun "mati gaya" dibanding
produk China dan Jepang.

> Kalau mau ekstrim, US mesti devaluasi mata uangnya. Toh surat utang
US treasury banyak dipegang China dan Jepang, yang tidak lain adalah
"musuh" dalam hal trade deficit.

> Info tentang kepemilikan US treasury securities:
>
> http://www.treas. gov/tic/mfh. txt
>
> Info tentang devaluasi bisa dilihat di:
> http://en.wikipedia .org/wiki/ Devaluation
>
> http://www.investop edia.com/ terms/d/devaluat ion.asp
>
> Berandai-andai nih, KALAU Amerika nekat devaluasi, kita ngapain?.... ...
>
> Buat yang blm mudeng, devaluasi = memangkas nilai mata uang, dgn
kata lain seluruh produk US (baju, sepatu, film, mobil, senjata
TERMASUK saham, obligasi, properti) akan dipotong nilainya.

> Tapi hal ini tidak berpengaruh pada produk non US walau
berdenominasi USD, seperti komoditi.

> (dan feeling gw akan ada yang reply "jadi buy komo, pak DE?" heheh,
sabar ngapah)

> Note: dulu GBP juga devaluasi tahun 1992, ditentang berat sama
kalangan birokrat, namun didukung oleh rakyat.

> http://en.wikipedia .org/wiki/ Black_Wednesday
> dari sini juga Soros coan gede dari short GBP, 1 milar dollar.
Kasusnya sama, trade deficit, dan kita tahu Amerika trade deficitnya
segede gaban.

> Bila hal ini, akan sangat SHOCKING ke global market, semua transaksi
dgn USD akan di valuasi ulang, bukan engga mungkin akan ada crash lagi
(pig lah ya). Namun kedepannya akan berpengaruh positif pada sektor
riil di US, dan perlahan akan memulihkan ekonomi dunia.

> Kita nonton dulu 3 bulan pertama Obama mo ngapain deh. Kalau USD =
Rp. 5000an, rasanya produk US lumayan menarik...

> Comments are welcome.. saya bukan ekonom jadi mungkin kurang pas
ngomong beginian.

> disc.on.
>
> Regards,
> DE