Apa yang terjadi yah, kalau sebaliknya, US tidak mencetak uang
sebanyak-banyaknya, malah meminjam uang dari negara lain atau
market ? bisa gak ? kayak indonesia bisa pinjam usd dari imf, apa us
bisa pinjam dari negara lain juga ? apa yang terjadi ? apakah suku
bunga us akan meloncat dan usd akan menguat tajam ?

thks

-- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, bayu murti <bayumurti1...@...>
wrote:

>  Kl saya amati strategi US: BAGAIMANA CARANYA MENCETAK UANG
SEBANYAK2NYA TAPI NILAINYA TIDAK TURUN....Jalan satu2nya: MENAIKAN
KAPASITAS PRODUKSI DUNIA SEBESAR2NYA...
> Kl devaluasi emmm otomatis semua barang harganya naik drastis,
apalagi minyak, bisa 200$
> --- Pada Sel, 3/2/09, Dean Earwicker <dean.earwic...@...> menulis:
> Dari: Dean Earwicker <dean.earwic...@...>
> Topik: USD devaluation? -- Re: Balasan: [obrolan-bandar] Re:
Transaksi Saham  Semakin Sepi
> Kepada: obrolan-bandar@yahoogroups.com
> Tanggal: Selasa, 3 Februari, 2009, 4:19 PM

>             Obama lagi minta restu DPR buat ngegolin kebijakan
proteksionis industri dalam negeri, agar sektor ril jalan dan dapat
bersaing dengan negara lain. Ada berita headline di kontan.

> Logika nih: kalau dolar kuat gimana bisa bersaing? Gak laku di
pasar internasional. Kita semua tahu tenaga kerja untuk sektor
industri, IT dan sains banyak diambil dari India, dan negara Asia
lain, karena "pribumi" nya mahal gajinya. Produk US pun "mati gaya"
dibanding produk China dan Jepang.

> Kalau mau ekstrim, US mesti devaluasi mata uangnya. Toh surat utang
US treasury banyak dipegang China dan Jepang, yang tidak lain
adalah "musuh" dalam hal trade deficit.

> Info tentang kepemilikan US treasury securities:
>
> http://www.treas. gov/tic/mfh. txt
>
> Info tentang devaluasi bisa dilihat di:
> http://en.wikipedia .org/wiki/ Devaluation
>
> http://www.investop edia.com/ terms/d/devaluat ion.asp
>
> Berandai-andai nih, KALAU Amerika nekat devaluasi, kita
ngapain?.... ...

> Buat yang blm mudeng, devaluasi = memangkas nilai mata uang, dgn
kata lain seluruh produk US (baju, sepatu, film, mobil, senjata
TERMASUK saham, obligasi, properti) akan dipotong nilainya.

> Tapi hal ini tidak berpengaruh pada produk non US walau
berdenominasi USD, seperti komoditi.

> (dan feeling gw akan ada yang reply "jadi buy komo, pak DE?" heheh,
sabar ngapah)

> Note: dulu GBP juga devaluasi tahun 1992, ditentang berat sama
kalangan birokrat, namun didukung oleh rakyat.

> http://en.wikipedia .org/wiki/ Black_Wednesday
> dari sini juga Soros coan gede dari short GBP, 1 milar dollar.
Kasusnya sama, trade deficit, dan kita tahu Amerika trade deficitnya
segede gaban.

> Bila hal ini, akan sangat SHOCKING ke global market, semua
transaksi dgn USD akan di valuasi ulang, bukan engga mungkin akan ada
crash lagi (pig lah ya). Namun kedepannya akan berpengaruh positif
pada sektor riil di US, dan perlahan akan memulihkan ekonomi dunia.

> Kita nonton dulu 3 bulan pertama Obama mo ngapain deh. Kalau USD =
Rp. 5000an, rasanya produk US lumayan menarik...

> [...]
> pasar modal sepi...
>
> Rupiah juga melemah drastis pada Jumat malam lalu, ini
>
> membuat pelaku pasar modal Indonesia menghindari pasar...
>
> Jadi KENAPA KITA MUSTI MAKSA, kita amati aja dulu SEPERTI
> pelaku pasar yg LAIN...
>
>   ------> jadi loncat dulu di pinggir rel mbah? DJIA kayaknya ngga
kuat, risk > reward.

>         Nama baru untuk Anda!
>
> Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan di domain baru @ymail dan
@rocketmail.

> Cepat sebelum diambil orang lain!

>       Berselancar lebih cepat dan lebih cerdas dengan Firefox 3

Kirim email ke