Mbak Nabila, chart itu nggak pernah salah, yang salah yang baca
chartnya.

Saya sendiri beberapa kali posting chart. Sama sekali tidak ada maksud
untuk menjerumuskan, atau supaya bisa jualan, dll. Kalo barang itu
memang bagus ya saya nggak segan2 ngomporin, toh saya ikut senang juga
kalo kita bisa sama2 cuan berjamaah. Saya yakin yang dilakukan Pak JT,
Pak Hans, Pak Angelo, Pak Adit dan Pak Tasrul juga maksudnya baik, bagi2
ilmu dan cuan.

Yang jadi fatal kalo chart itu diinterpretasikan secara salah oleh
orang2 yang tidak paham dasar2 TA, tanpa disertasi money management dan
risk management. Kalo ada yang kejeblos gara2 baca chart saya, sekali
lagi mohon maaf. Mungkin lebih baik lain kali nggak usah posting chart,
kelihatannya di sini Prediksi Tangan Kosong lebih disukai.

Regards,

Yudizz

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "Nabila" <nabilag...@...> wrote:

> Dear all,
> Dua minggu kembali berlalu dan pemilu sudah selesai dilaksanakan
dengan hasil sesuai prediksi, menempatkan Demokrat diposisi tawar yang
lebih tinggi. Tampaknya inkumben masih akan memenangkan pemilu Presiden
tidak lama lagi. Tidak banyak yang bisa ditulis mengenai kemana IHSG
mengarah berdasarkan perkembangan 2 minggu terakhir. Market telah
berbicara sendiri dan aura positif menyebar dengan baik. Target yang
diusung Kubu Selatan bahwa IHSG akan <1000 terasa semakin jauh dan
target IHSG 600 Brama Kumbara mungkin muncul dari mimpi buruknya tentang
Mafiaso. Atau target-terget itu sengaja dimunculkan dalam upaya menebar
aura ketakutan dikalangan pelaku pasar, berharap harga lebih murah,
sambil menyiapkan ember besar untuk tampungan dibawah. Saya percaya
semua tokoh utama Kubu Selatan sedang bullish saat ini, karena yang
tidak bisa memperoleh keuntungan dari kondisi market saat ini hanya
mereka yang buta terhadap peluang atau memang karena rejekinya sedang
dibatasi.

> Kubu Utara jelas sumringah karena telah memperoleh keuntungan
melimpah, terutama mereka yang sejak awal percaya bahwa tidak mungkin
seluruh masyarakat dunia betah berada dalam krisis berkepanjangan dan
karenanya bersiaga penuh menunggu tanda-tanda awal pembalikan arah
(reversal). Seperti terbitnya fajar dipagi hari, selalu akan muncul
secercah harapan yang akan menyebar dengan cepat. Ketika bola salju itu
bergulir dan semakin membesar, akan semakin sulit dihentikan, termasuk
oleh seorang George Soros sekalipun. Soros, dengan bear rally-nya,
mungkin saja benar (walau masih perlu pembuktian) di market AS, akan
tatapi belum tentu berlaku sama dibelahan bumi lainnya. Bahkan diakhir
pekan kemaren, Wallstreet terlihat tidak berpihak pada sinyalemen Soros
dan lebih memilih untuk mengabulkan impian Mbah ketika DOW naik 3.14%,
mantap menembus angka 8000 dan tutup dilevel 8.083. Sementara S&P 500
juga dengan mantap menembus angka 850, salah satu batasan psikologis
lainnya. Kita mungkin bukan seorang analis kelas dunia, tapi seharusnya
cukup cerdas untuk memilah dan mengetahui analisa yang masuk akal dan
membuang sisanya kekeranjang sampah

> Elaine menjadi lebih banyak memberi komentar belakangan ini, tapi
begitulah seharusnya, karena kita harus memberi apresiasi dan lebih
banyak ruang bagi mereka yang telah membuktikan dan menjadikan dirinya
bernilai. Walau target IHSG 1589-nya masih belum tercapai, karena memang
waktunya belum sampai, tetapi sepertinya akan lebih mudah untuk dicapai
dan mungkin tidak perlu menunggu hingga bulan Juni 2009. Saya bahkan
menduga, Eleine tengah berupaya agar target tersebut bisa dicapai
dibulan April ini. Disamping itu, kita seharusnya bisa menjadi lebih
percaya diri karena Mbah juga sudah memberi signal bahwa sepertinya yang
terjadi sekarang ini bukan hanya sekadar bear rally, tapi sudah
menunjukan ciri-ciri bull rally. Dean malah sudah menyampaikan ucapan:
Wellcome Bull!.

> Lalu apa lagi? Bagi yang suka tek-tok, silahkan bergabung bersama
pasukan Jendral Artomoro (bandarmology) atau JT (technically), karena
mereka, diantara beberapa lainnya, ahli dibidang masing-masing dan punya
niat baik (ini yang langka). Untuk mengantisipasi resiko, jadikan
marketwise technical dari Mbah sebagai peta agar tidak nyasar. Walau
tidak mudah, sedikit-banyak perlu disimak wejangan bandarmology dari
Mbah. Perbedaan pola trading sekarang dengan beberapa waktu yang lalu
mungkin pada entry point dan time frame. Tetap berhati-hati dengan
beberapa analisa teknikal yang disampaikan di milis, karena seringkali
dimuati  kepentingan pribadi sipembuat peta. Gambar yang disampaikan
merekomendasikan beli disaat dia berniat jualan, atau, memprediksi akan
terjadi koreksi ketika dia selesai jualan dan ingin beli lagi diharga
diskon. Tapi saya rasa, cepat atau lambat anda tentu bisa membedakan
antara yang asli dan imitasi, karena bau busuk sulit disembunyikan.

> Bagi yang lebih percaya diri untuk berinvestasi jangka panjang, Elaine
bisa dijadikan mentor, walau tetap harus dikritisi, karena Elaine
menjadi kurang "galak" jika tidak ada perlawanan. Walau sudah terjadi
kenaikan cukup lumayan sejak rebound akhir November 2008 lalu, tetap
saja masih tersedia ruang cukup luas kedepan. Tidak ada kata terlambat
karena yang terpenting adalah menentukan pilihan yang tepat. Mbah rajin
sekali menyampaikan analisa fundamental berdasarlan laporan kuartalan
emiten, ringkas dan mudah dipahami, tinggal ditelan. Anda tidak perlu
menjadi seorang analis keuangan handal untuk bisa memilah-milah emiten
yang memiliki performance bagus dengan harga masih murah. Sederhana
sekali, saya belajar banyak tentang hal ini dari Mbah, terima-kasih
untuk kerja tanpa pamrih tersebut. Disamping Mbah, Elaine juga besar
peranannya dalam memberikan prespektif jauh kedepan tentang perekonomian
dunia, sebut saja marketwise fundamental, yang jauh lebih berani dan
tajam dibandingkan sebagian besar analis lokal yang biasa kita baca
dikoran-koran sering mengeluarkan analisa abu-abu, mengambang, penuh
kata bersayap dan karenanya bisa diartikan macam-macam.

> Bagi anda yang masih belum yakin pada kondisi saat ini, silahkan
menunggu sampai IHSG 1600, karena menurut banyak analis, merupakan
batasan psikologis  bagi investor untuk lebih percaya bahwa market
benar-benar telah bullish. Pilihan tergantung pada strategi investasi
masing-masing, perbedaannya hanya pada sedikit-banyaknya perolehan
masing-masing nantinya.

> Dear Elaine, saya semakin mudah membayangkan mobil sport idaman itu
parkir digarasi rumah saya tahun depan, saya hanya belum menentukan
warnanya...ha..ha..ha.

> Salam.

Kirim email ke