Wah bos saya bantu koreksi yah.

BB disuspend yang jelas karena :
- pin kloningan
- pin dilaporkan ke RIM untuk diblokir misal karena alasan hilang. FYI
 pernah ada beberapa gudang operator di luar kemalingan  Blackberry
dalam jumlah besar, nah unit ini juga disuspend
-  Blackberry dr USA atau Eropa yang kabur dr kontrak
Itu sih yang saya tau

Soal refurbish China, sepanjang tidak mengoprek jeroan seharusnya
tidak masalah. Cuman sayangnya refurb China jarang yang enggak oprek
jeroan.

FYI juga ada kok factory refurb, ini sih pasti bagus dan kecil
kemungkinan suspend.

AFAIK yah

--
Sent from my mobile device