Pak VF, itu kan sy sudah kasih catatan kalau interpretasi dari dummies.
Mungkin para senior EW bisa lebih bisa memberikan jawabannya.

Kalau jawaban dari dummies begini bisanya...

Interpretasi EW bisa pasti kalau sudah ada konfirmasi dari wave selanjutnya.
Di ilustrasi yg saya sertakan, yg pasti hanya WAVE 5 saja, setelah terjadi
major reversal dengan terbentuknya correction wave ABC . Sampai sekarang
yang masih valid adalah Wave ABC dan wave 1 & 2, wave 3 masih belum
confirmed. Tapi kalau IHSG turun terus dan tembus WAVE C, maka correction
wave ABC bisa berubah jadi trend wave (12345) jika kriteria sbg trend wave
terpenuhi. Dan masih banyak lagi pertanyaan yang muncul jika dilihat dalam
kurun waktu 50 tahun atau mingguan/harian/intraday (sub wave).

EW memang banyak didebat oleh para analis karena multi interpretasi nya. Hal
ini timbul karena usaha untuk "meramal" pergerakan kedepan walaupun WAVE-nya
belum confirmed.

Menurut saya, yang penting dari EW adalah kemampuan memberikan konfirmasi
TREND sedang mengarah kemana untuk range trading kita, sehingga dengan tools
TA lainnya  bisa memberikan probability yang lebih akurat untuk menentukan
ENTRY dan EXIT nya secara optimal.

Salam,

wintama