Setelah tulisan saya terakhir tanggal 3 Mei yang lalu mengenai kemana IHSG
mengarah, ternayata IHSG masih melanjutkan rally mencapai puncak tertinggi
tahun ini di level 2199. Pencapaian yang luar biasa, dipandu dengan brilian
oleh Embah dan Jendral Artomoro.
Seperti yang disampaikan senbelumnya, target Elaine IHSG 1600 dibulan Juni 2009
telah dicapai lebih awal pada pertengahan April 2009. Ketika IHSG melewati
level 2100, target untuk akhir Desember 2009 telah tercapai 5-6 bulan lebih
awal. Sebagai seorang investor, Elaine tentu saja boleh-boleh saja untuk
melakukan profit taking ketika tergetnya telah tercapai lebih awal dari
rencana. Saya melakukannya. Ketika Embah mengatakan bahwa tidak bijak untuk
mulai berinvestasi (long term) disaat IHSG sudah mencapai 2100, saya malah
memutuskan untuk menjual sebagian besar portofolio jangka panjang saya. Buat
apa? Ketika risk > reward (untuk long term Investment), mending ikut Jendral
Artomoro, JT, Billy dan banyak trader lainnya, bersilancar ditengah amukan
gelombang. Sudah lebih sebulan terakhir saya fokus melakukan short term trading
menggunakan peta yang disediakan cuma-cuma oleh Embah (bukankah pernah saya
katakan bahwa peta Embah itu luar biasa sederhananya, sehingga membuat kita
tidak mudah nyasar?).

Sekarang bagaimana selanjutnya? IHSG memang sudah naik banyak sejak terendahnya
 8 bulan lalu, nyaris naik 100%. Saya rasa banyak pihak, terutama long term
investor, akan sangat tergoda untuk mulai memetik keuntungan. Tapi disaat yang
sama, bursa saham kita termasuk "gadis cantik" yang menarik banyak investor
lainnya. Saat ini, pasar modal kita tengah berada dipersimpangan jalan. Tapi
yang jelas, sudah cukup tinggi sehingga cenderung mengundang profit taking dan
agak kemahalan bagi yang baru mau mulai berinvestasi.

Lalu beberapa hari yang lalu Elaine mulai menyampaikan pandangan yang berbeda
dari sebelumnya. Berdasarkan beberapa argumen fundamental, Elaine berkesimpulan
bahwa ternyata krisis keuangan yang melanda dunia masih jauh dari selesai,
dampaknya masih akan terasa dalam waktu tidak lama lagi. Ditambah dengan
beberapa krisis susulan seperti nuklir Korea Utara dan permasalahan Pilpres,
maka Elaine lebih memilih untuk keluar dari bursa saham dan mengalihkan
investasinya ketempat lain.

Mencermati perdebatan yang ditimbulkan pernyataan Elaine tersebut di milis OB,
saya merasa ada sesuatu yang tidak "nyambung" antara Elaine dengan sebagian
Obers. Perlu dipahami bahwa Elaine seorang investor (long term), bukan (short
term) traders seperti yang banyak terdapat di milis OB. Elaine melihat dari
sisi fundamental, tidak begitu peduli dengan analisa teknikal (TA). Mungkin
pemahaman Elaine terhadap TA hanya diperlukan untuk menentukan entry dan exit
poin belaka. Sementara mayoritas traders di OB, yang umumnya menggunakan TA,
masih melihat bahwa saat ini (dan jangka pendek kedepan), IHSG masih diposisi
bullish trend. Jelas tidak nyambung karena alat ukur yang digunakan tidak sama
dan dengan cakrawala pandang yang berbeda pula.

Lalu bagaimana menyikapi perbedaan ini? Bagi saya sederhana saja. Dari
pengalaman masa lalu, saya tidak mungkin memandang remeh pendapat Elaine,
karena dia telah membuktikan ketajaman analisanya sebelum ini. Elaine selalu
yang paling duluan mengatakan bearish ketika semua orang masih bullish, begitu
pula sebaliknya.  Akibatnya Elaine seringkali dicurigai dan cenderung mendapat
perlawanan dimilis OB. Jujur saja, saya selamat dari kejatuhan pasar modal
tahun lalu dan kemudian memetik keuntungan lumayan ketika rebound  tahun ini
lebih karena saya mendengarkan dan menghargai pandangannya. Lalu mengapa kali
ini saya harus berada diposisi yang berlawanan? Oleh karena itu, saya saat ini
sudah tidak lagi menyimpan portofolio jangka panjang. Seperti telah
berulangkali dinasehatkan oleh yang lebih tua, tingkat resiko sudah lebih besar
dari peluang keuntungan. Tapi selama IHSG masih terus menjajal posisi
tertingginya, saya sudah sejak beberapa saat yang lalu menjadi (short term)
trader sepenuhnya dan berada di belakang Jendral Artomoro, JT, Billy dan banyak
lainnya. Tentu saja dengan money management yang semakin hati-hati, batasan
trailing stop dan cutloss yang kian ketat dan siap-siap kabur jika market tidak
lagi bersahabat. Sederhana bukan? Apalagi Embah sudah mulai omong-omong soal
nge-short...walah.