From: Bandar Bola <bandarr.b...@gmail.com>
To: obrolan-bandar@yahoogroups.com
Sent: Monday, August 3, 2009 8:52:46 AM
Subject: Re: [ob] Re: TMAS

Pak Oentoeng, saya sama sekali tidak meragukan Om Jack untuk urusan
perbandaran. Concern saya cuma urusan joining fee-nya yang kegedean untuk
ukuran saya. Saya ingat betul, tahun lalu sebelum TINS ambruk, beliau udah
pernah ngingatin member OB, dan beneran kejadian, dan seperti biasa setiap
pendapat banyak pros dan cons-nya, sampai2 waktu itu beliau perlu "keluarin"
Ferrari-nya dari garasi.

Baik, saya coba jawab quiz sampiyan, biar tetap bisa dapet kursus gratis dari
sampiyan.

Yang Pertama:
Menurut saya, bandar kalo masih akan terus distribusi, walaupun harga udah
turun banyak, maka harga saham akan terus turun. Definisi "masih akan terus
distribusi" adalah kalo bandar masih punya stok barang DAN retail masih mau
nyerap stok bandar.

Tapi kalo harga udah turun banyak, tiba2 mental balik ke atas dan naik terus,
maka menurut saya, ini karena barang yang tadinya dibagi2 ke retail di harga
atas udah berhasil diminta balik oleh bandar dari retail. Artinya, retail udah
nyerah dan cut loss, stok balik lagi ke bandar plus cuan selisih jual atas beli
bawah. Karena stok udah balik ke bandar, maka next action-nya, bandar akan
mark-up lagi lebih tinggi lagi, untuk ngasih kesempatan retail lain yang mau
jadi "korban" baru di harga yang lebih tinggi.

Saya pikir cara kerja macam ini terjadi untuk semua counter, cuma bedanya, kalo
3rd liner urusan beginian dimensi waktu-nya bisa cuma hitungan jam2-an,
sedangkan untuk counter yang market-cap-nya gede, dimensi waktu-nya bisa
mingguan atau bulanan.

Yang Kedua:
Walaupun barang sudah terdistribusi banyak di harga yang cukup tinggi, tapi
bisa saja bandar masih terus kerek harga naik, karena target jumlah stok yang
mau dibagi2 belum tercapai.

Yang Ketiga:
Kalo distribusi dari bandar A dimakan oleh bandar lain, bandar B yang lebih
kuat. Di monitor bandar A, stok-nya dipikir dimakan oleh retail, tapi ternyata
yang makan adalah bandar B. Alhasil kalo bandar A keok, dan stok-nya berpindah
ke bandar B, dan oleh bandar B harga akan dikerek naik lebih tinggi. Di harga
yang lebih tinggi itu, bandar A akan buy-back at loss, atau retail yang nyerap
stok dari bandar A itu.

Mudah2-an masih diterima jadi murid sampiyan, ya pak.

Regards,
Bandar Bola

Kirim email ke