Tolong dianalisa dong tentang convertibel bond ini. Sebenarnya bagus gak
sih?

Kalau yang saya tau secara singkat, kalau perusahaan perlu dana dan gak
pingin membayar hutang ini lewat cash, maka management lebih prefer kalau
hutang ini diubah menjadi saham. Perusahaan yang diuntungkan dari perubahan
debt menjadi saham adalah jika perusahaan ekspansif (perlu duit banyak),
cashflow seret, atau terlalu banyak debt. Dan agar kreditur bersedia
mengubah menjadi saham, tentunya dengan membuat harga konversinya itu
menarik (tinggi) sehingga bisa dijual ke pasar dan dapat banyak uang (jika
mereka ingin dapat uang).

Sebaliknya, harga akan ditekan turun jika management/shareholder tidak ingin
debt ini dikonversi menjadi saham. Artinya perusahaan yang cashflownya sudah
bagus, jumlah hutang tidak signifikan (atau memberatkan), atau ingin go
private dengan tender offer.

Bumi bagaimana?

2009/9/10 kobayashi mitsukuni <ueno_kobaya...@yahoo.co.id>

> Inilah Rumor 'Terpanas' Saham BUMI!
>
> Ekonomi 10/09/2009 - 11:36 Inilah Rumor 'Terpanas' Saham BUMI!
> Ahmad Munjin
>

> (inilah.com /Agung Rajasa)INILAH.COM, Jakarta – Di kalangan analis dan
> pelaku
> pasar, saham PT Bumi Resources (BUMI), dirumorkan akan dikerek naik hingga
> mencapai level di atas harga convertible bond-nya, Rp 3.366. BUMI akan
> terdongkrak di level Rp 3.400 hingga Rp 4.000 per unit saham.
>
> Salah seorang sumber INILAH.COM di pasar modal mengungkapkan adanya rumors
> bahwa
> [...]

Kirim email ke