--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, h_indra...@... wrote:

> Pak Edmid,
>
> Kalau saya tidak salah ketika Arjuna menembus formasi cakrabyuha
tersebut yang menjadi kusir keretanya adalah Kresna atau disebut juga
Basudewa yg selalu mendampingi dan memberi arahan pada Arjuna....

Dipihak Pandawa Formasi ini hanya sanggup dihancurkan oleh
Arjuna(Dikusiri oleh Kresna), Bima dan Abimanyu  [:)]

Akan tetapi untuk Abimanyu masih belom sempurna ilmunya, sehingga bisa
masuk dan menghancurkan Formasi sampai ke Pusat Formasi akan tetapi tdk
sanggup untuk keluar....

Sehingga terkepung dan dikeroyok di tengah2  [:p]

http://id.wikipedia.org/wiki/Perang_di_Kurukshetra
<http://id.wikipedia.org/wiki/Perang_di_Kurukshetra>

Empat Pandawa sulit mematahkan formasi Cakrabyuha yang disusun Drona.
Yudistira melihat hal tersebut dan menyuruh Abimanyu, putera Arjuna,
untuk merusak formasi Cakrabyuha, sebab Yudistira tahu bahwa hanya
Arjuna dan Abimanyu yang bisa mematahkan formasi tersebut.

Saat Abimanyu memasuki formasi tersebut, empat Pandawa melindunginya di
belakang. Namun, keempat Pandawa dihadang Jayadrata sehingga Abimanyu
memasuki formasuki Cakrabyuha tanpa perlindungan. Akhirnya, Abimanyu
dikepung oleh para kesatria Korawa, lalu terbunuh oleh serangan
serentak.

Formasi ini dimunculkan karena mungkin cocog dengan Kondisi Weekly Chart
saat ini  [:D]
+/- 2 minggu dari sekarang.  [B-)]  CMIIW

IHSG Weekly Plan
<http://2.bp.blogspot.com/_2aKqvFC3Mmk/Ss_Emg4OyzI/AAAAAAAABCU/HNdE7EFv9\
F0/s1600-h/IHSG+-+Weekly+Plan.PNG>

Sepertinya akan ada pertempuran seru,  paling tdk sd awal November
Menunggu Decision apa yg terjadi setelah itu....

Untuk naik masih ada ruang (Gap dikisaran 2.6XX)
Akan tetapi itu bisa jadi mungkin adalah jebakan yg rumit ibarat formasi
Cakrabyuha.
Mereka yg terjebak ditengah2 akan menjadi korban keroyokan...khususnya
newbie2...

Sehingga spt bapak bilang...  [;)]

> ah betapa beruntungnya kita dalam pertempuran diBEI ini kita selalu
didampingi dan diberi
> arahan oleh Mbah dan para senior kita...seperti Basudewa mendampingi
Arjuna.......

> Tks Mbah dan para senior.

Semoga dengan arahan tsb minimal kita bisa lolos dari formasi2 jebakan
yg ada  [B-)]

Berikut tambahan formasi Perang dalam dunia wayang dari sumber :
http://topmdi.net/portal/article.php?story=20090921072156835
<http://topmdi.net/portal/article.php?story=20090921072156835>
(Surfing)

Gelar Perang yang sering digunakan antara lain :

Supit Urang atau Capit Urang, formasi yang berbentuk urang
"udang" dengan capit yang siap menerkam . Biasanya pihak Kurawa
mengandalkan Adipati Karna diposisi kepala dan diapit oleh Sangkuni
dicapit kiri dan Kartamarma dicapit kanan dan diekornya Burisrawa yang
bisa bergerak kekiri atau kekanan tergantung komando, sedang kalau
Pandawa yang menggelar formasi ini maka Abimanyu menempati posisi kepala
untuk mendobrak pasukan musuh dibantu capit kiri Gatotkaca dan capit
kanan Drestajumna sedangkan posisi ekor sebagai pengatur serangan
ditempati Setyaki atau Yudistira. Terlihat walaupun formasinya sama tapi
fungsi kepala dan ekornya sangat berbeda antara pihak Kurawa dan
Pandawa.

Wulan Tumanggal, formasi berbentuk bulan sabit dan formasi ini hanya
digunakan oleh pihak Pandawa  yang menempatkan Abimanyu dititik sentral
sebagai pelaksana serangan didampingi Kresna.  Yudistira,
Nakula/Sahadewa dipunggung bulan sabit sebagai pengatur serangan
sedangkan sayap kiri dipimpin Setyaki dan sayap kanan dikomandani Bima.
Posisi ini melengkung memancing musuh ketengah formasi untuk dijepit
dari kiri dan kanan dan posisi pasukan hampir rata disemua titik
sehingga mengandalkan perang dengan jumlah pasukan.

Garuda Nglayang, seperti burung garuda yang melayang siap menyambar,
formasi ini memiliki sifat agresif dan menyerang .. digunakan baik oleh
pihak Kurawa atau Pandawa.  Dipihak Pandawa, Arujuna diposisi paruh
sebagai pendobrak, Drupada diposisi kepala sedangkan Yudistira, Nakula,
Sahadewa diposisi tubuh dengan Drestajumna diposisi sayap Kanan dan Bima
disayap kiri, ekor ditempati oleh Setyaki yang bisa bergerak kekiri atau
kekanan. Untuk Kurawa, paruh ditempati Salya, Duryudana dibagian tubuh,
Durna disayap kanan dan Bisma disayap kiri membantu penyerangan dan
diekor ada Dursasana. Terlihat juga walau formasi sama tetapi titik
kekuatan kedua pihak berbeda, Pandawa diparuh dan Kurawa disayap kiri
dan kanan.

Dirada Meta atau Gajah Mengamuk, formasi ini hanya dipakai pihak Kurawa
saja dengan menempatkan Bogadenta yang lincah diposisi belalai, Durna
menempati posisi kepala gajah, posisi gading kiri dan kanan ditaruh
Bomawikata dan Wikataboma. Duryudana menempati posisi tubuh formasi
gajah ini.

Brajatiksna atau Halilintar Menyambar, hanya digunakan pihak Pandawa
karena posisi ini memerlukan tokoh pendobrak yang handal yang dijabat
oleh Bima di backup oleh Arjuna dan Srikandi dibelakangnya.

Marakabyuha atau Udang Karang, digunakan keduabelah pihak, pasukan
berjajar sangat rapat dengan kecepatan lambat tetapi susah didobrak dan
kuat dalam pertahanan.

Cakrabyuha atau Roda berputar, formasi yang bertugas merusak barisan
musuh sekaligus menjebak tokoh yang diincar untuk dibunuh, Abimanyu
terperangkap dalam gelar ini sehingga terpisah dari pasukannya.
Formasi diatas bisa berubah setiap saat dibutuhkan, diperlukan seorang
Senapati andal untuk segera merubah gelar dan formasi pasukan bila
lawannya merubah formasi yang satu ke yang lainnya. Contohnya saat
Abimanyu sebagai senapati, saat itu Kurawa menggelar formasi Dirada Meta
lalu merubah ke formasi Cakrabyuha saat Abimanyu terpancing masuk dalam
jebakan.

Bisnis is a War  [:">]

Atau dalam Perang Kurusetra :
http://id.wikipedia.org/wiki/Perang_di_Kurukshetra
<http://id.wikipedia.org/wiki/Perang_di_Kurukshetra>

Ada beberapa formasi militer yang disebutkan dalam Mahabharata
<http://id.wikipedia.org/wiki/Mahabharata> , masing-masing memiliki
kelebihan dan kekurangan tersendiri. Beberapa macam formasi militer
tersebut sebagai berikut:
    * Krauncabyuha (formasi bangau)
    * Cakrabyuha (formasi cakram/melingkar)
    * Kurmabyuha (formasi kura-kura)
    * Makarabyuha (formasi buaya)
    * Trisulabyuha (formasi trisula)
    * Sarpabyuha (formasi ular)
    * Kamalabyuha atau Padmabyuha (formasi teratai)

> Regards
Teruuusss...!

Semoga bermanfaat,

Tks