*MEDC is capital intensive one...*
*Saya tidak pernah suka dengan bisnis yang capital intensive.. ROE rendah,
modal besar, balik modal lama...*
*high capital intensity firms will tend to have lower value/EBITDA ratio.*
**
*Kalau hanya bookvalue bisa Pak Ari hitung sendiri dari
**www.reuters.com*<http://www.reuters.com>
*, anyway sampai 1H 2009 ini MEDC recorded Bookvalue/share Rp2,449/share.
Ekspektasi pasar sampai akhir tahun MEDC dapat mencetak EBITDA sekitar Rp
3.3bio (asumsi kurs Rp 9500/US$) atau decreased 53% dibandingkan 2009 dengan
ekspektasi BVPS sekitar Rp 2,500/share.*
*Kalau sekilas dihitung di harga spot saat ini PBV menggunakan ekspektasi
BVPS akhir 2009 sudah mencapai 1.26x (3,150/2,500), tapi sebenarnya harga
yang di-absorb market selama YTD 2009 (istilah Pak Tasrul --> VWAP) ini
sekitar Rp2,824 (Pak Tasrul pls CMIIW), sehingga sebenarnya PBV baru 1.13x
(2,824/2,500). Bagaimanapun, trading multipliers sesungguhnya adalah
berdasarkan transaksi terjadi yang telah di-absorb oleh pasar & bukanlah
berdasarkan harga spot..*
**
*Berdasarkan data saya untuk regresi industri sejenis, MEDC seharusnya
dihargai sedikit premium compared to peers, sehingga PBV dihargai sekitar
maksimum 10% lebih tinggi terhadap average peersnya yang saat ini dihargai
sekitar 1.2x, sehingga upside potential hanya berada di PBV 1.32x (1.2x avg
industri sejenis + 10% premium terkait kinerja fundamental MEDC yg
dipersepsi masih lebih baik di 5 tahun ke depan compared to peers). Sehingga
harga (atau lebih tepat disebut VWAP karena itulah harga yg
ditentukan/diabsorb oleh pasar) sampai akhir tahun diekspektasi sekitar 1.32
x 2,500 = Rp3,300/share (bandingkan dengan saat ini yang baru sekitar
Rp2,824) sehingga VWAP sampai akhir tahun masih ada potensi upside sekitar
17% dari VWAP saat ini. Apabila ditelaah lebih rinci dengan melihat
volatility harga saham MEDC (yg dikaitkan juga dengan business risknya)
sejak awal tahun, kurang lebih rata-rata volatility MEDC untuk periode 3
bulan sekitar 11% (volatility = std.deviasi / average). Maka target price
harga tertingginya tahun ini ada di sekitar 3,300 + 11% volatility = sekitar
Rp 3,660/share. Artinya harga spotnya masih ada upside potential hanya
sekitar 16%.*
**
*Bandingkan dengan upside potential saham-saham coal, CPO & heavy
equipment...*
*That's why saya kurang nyaman dengan MEDC karena upside potentialnya sangat
terbatas.. masih banyak saham dengan upside potential yang jauh lebih tinggi
mengingat kinerjanya yang masih baik dengan growth yang cukup baik ditengah
terpaan krisis, serta saat ini dapat dikatakan belum full valued (saya tidak
mengatakan saat ini undervalued, tapi hanya saja belum full valued).*
**
**
*T.o.m*

On 10/17/09, arisugiarto.sant...@gmail.com <arisugiarto.sant...@gmail.com>
wrote:

> Pak Tom
> What do you think on medc?is it worth to invest according to your
> fundamental analysis?do you know it's book value?
>
> Thx
>
> Sent from my BlackBerry®
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT
> *From: *Tom DS <tom.ds.st...@gmail.com>
> *Date: *Sat, 17 Oct 2009 12:07:40 +0700
> *To: *<obrolan-bandar@yahoogroups.com>
> *Subject: *Re: [ob] P/E rata-rata IHSG
>

> *You can find it on **www.idx.co.id* <http://www.idx.co.id/>* on idx
> weekly statistic, or you can contact your broker.*
> [...]

Kirim email ke