Maaf Mbah, numpang sharing...semoga kita selalu bersyukur atas nikmat yang kita
peroleh selama ini meskipun Bursa sedang merah meriah...

Saya akan bercerita tentang pengalaman hidup saya dari tahun 2008 sampai 2009,
yang saya rasa banyak hikmah yang bisa kita petik dan semoga bermanfaat buat
kita semua, semoga Allah selalu melimpahkan rahmatnya kepada kita semua dan
memberikan kita semua kebahagiaan dunia akherat.
Mungkin akan terasa panjang dan membosankan.

Saya seorang Ayah yang berusia 31 thn dengan 2 orang anak cewek berusia 3.5
tahun dan 18 bulan, didampingi seorang istri yang berusia 30 thn. Saya  bekerja
di perusahaan swasta yang cukup bonafid, istri saya bekerja di Perbankan BUMN
yang juga lumayan mapan. Sejak awal pernikahan 2005 sampai akhir 2008,
kehidupan kami lancar-lancar saja, dan penuh dengan kebahagiaan, hampir tidak
ada masalah yang mengganggu kehidupan kami.

Secara financial kami juga berkecukupan untuk untuk memenuhi kebutuhan kami.
Kami selalu percaya bahwa Rejeki, Jodoh, & Kematian adalah misteri dan hanya
Allah yang mengetahuinya. Ternyata tahun 2008 merupakan tahun permulaan
kehidupan kami yang mulai bergelombang. Awal tahun 2008, setelah pulang dari
ibadah Haji, ayahanda saya di vonis sakit kanker kelenjar getah bening yang
sudah Stadium IV. Kami sekeluarga berusaha semaximal mungkin untuk melakukan
pengobatan, tetapi karena ayahanda juga menderita Sirosis hati maka pengobatan
tidak bisa dilakukan secara maximal oleh team dokter Dharmais, tepat 6 bulan
dari vonis kanker tersebut, Ayahanda saya dipanggil oleh Yang Maha Kuasa di
bulan Mei 2008. Semoga Allah mengampuni semua dosa dosanya dan menerima semua
amal ibadahnya, diangkat derajatnya disisi Allah. Alhamdulilah kami sekeluarga
bisa melaluinya dengan penuh keihklasan dan kesabaran.

Akhir tahun 2008 cobaan dari Allah menghampiri kami, tabungan dan investasi
kami yang kami kumpulkan sejak awal pernikahan nilainya merosot drastic cuma
tinggal 10% karena gelombang Krisis Financial Global yang terjadi sejak
September 2008.

Kami memang selalu menyadari bahwa Rejeki juga datangnya dari Allah, pernah
terlintas sedikit rasa kecewa, kenapa rejeki itu diambil kembali oleh-Nya,
padahal kami mendapatkannya dengan cara yang halal. Bukan hasil dari korupsi
ataupun hasil menipu atau cara cara yang haram lainnya.
Dengan penuh rasa ikhlas dan sabar, kalau memang Allah mengharapkan rejeki itu
buat keluarga kami, pasti alamatnya tidak akan salah dan pasti akan
dikembalikan lagi kepada kami, itu keyakinan yang ada di hati kami. Toh dengan
diambilnya tabungan kami tersebut, kamipun tetep masih bisa memenuhi kebutuhan
hidup kami.

Memasuki awal tahun, kami biasa menentukan target atas apa saja yang akan kami
lakukan di setiap awal tahun. Awal tahun 2009 Kami sepakat seandainya tabungan
tersebut dikembalikan kepada kami,maka kami :
1.      Mendaftar Haji, untuk menunaikan rukun Islam yang kelima.
2.      Mengumrohkan Ibu & Ibu Mertua kami
3.      Mengajak Ibu & Ibu mertua kami untuk pergi jalan jalan ke negeri
seberang.
4.      Membeli mobil untuk kebutuhan transportasi kami.
5.      Membeli sepeda motor Kawazaki Ninja 250cc
6.      Membeli rumah yang akan kami tawarkan ke kakak ipar kami untuk mereka
tempati, kebetulan mereka belum memiliki rumah.

Sampai akhir bulan April 2009, di setiap ibadah kami, doa selalu kami panjatkan
kepada Allah. Tetapi ternyata kami masih diuji lagi keihklasan dan kesabaran
kami, rumah yang kami tempati malah disatroni sama perampok yang pura pura
datang ke rumah di siang bolong dengan alasan dari BPN untuk mengukur tanah di
rumah kami dan disuruh oleh saya. Saya selalu berpesan kepada pembantu saya,
kalau ada tamu dan tidak ada pesan dari saya jangan sekali kali dibukain pintu
pagar, tetapi sepertinya mereka bertiga lalai atau seperti terhipnotis. Mereka
malah membukakan pintu, dan akhirnya 6 orang laki laki langsung masuk ke rumah
kami dan menguras perhiasan istri yang ada di kamar belakang, 15 menit setelah
kejadian tersbut, pembantu memberi kabar kepada saya dan saya langsung pulang
ke rumah, karena kwatir dengan kondisi kedua anak kami. Alhamdulilah semuanya
selamat dan tidak ada luka apapun.

Saat seperti ini, kami benar benar bersyukur, bahwa kami hanya kehilangan
harta, tidak sampai kehilangan anak-anak yang kami cintai. Saya yakin bahwa
Allah akan memberikan segala sesuatunya indah di saat kita semua tidak
menyadarinya. Bahwa Allah memang memberikan semuanya sesuai kebutuhan kita
bukan sesuai keinginan kita.

Tidak lama kejadian kerampokan itu berselang, tepat satu minggu, kami diberikan
rejeki senilai uang yang bisa kami pergunakan untuk mendaftar ibadah haji. Dan
alhamdulilah kami selalu ingat akan cita cita kami di awal tahun. Ketika akan
kami setorkan dana tersebut ke rekening haji kami, salah satu teman di kantor
menemui saya dan bercerita tentang permasalahannya dia. Seandainya orang tuanya
belum bisa melunasi hutangnya di bank, maka pihak bank atau orang lain
berkemungkinan untuk memiliki rumah yang ditempati orang tuanya saat ini. Lha
koq, nilai yang untuk pelunasn tersebut jumlahnya hampir sama dengan dana naik
haji kami. Ada dilema dalam hati saya, apakah saya akan meminjamkan dana
tersebut kepada teman kami selama 3 bulan, ataukah kami tidak mau tahu dan
membiarkan teman kami ini menyelasaikan masalahnya sendiri. Saya bertanya
kepada teman dan kepada ulama yang saya anggap memiliki ilmu agama yang lebih
dalam, banyak yang menyarankan untuk mendahulukan membantu teman yang
kesulitan, toh andaikata kami daftar haji bulan Mei 2009, juga belum tentu kami
berangkat 2009. Kalau kami tunda pendaftarannya 3 bulan lagi, mungkin jadwal
kami juga tidak akan jauh berbeda. Akhirnya dengan mengucpkan
bismilahhirrohmanhirohim, kami niatkan untuk membantu teman kami terlebih
dahulu dengan tetep berpesan, bahwa dana yang kami pinjamkan adalah dana naik
haji kami dan usahakan dikembalikan tepat waktu di bulan Agustus 2009.

Ternyata, tindakan yang kami lakukan tersebut, mungkin benar benar mendapat
ridho Allah, gak berselang seminggu, kami mendapatkan dana yang bisa untuk
umroh kedua ibu kami. Dan tidak lama kemudian, juga mendapatkan dana yang bisa
digunakan untuk pergi ke Singapore bersama kedua ibu kami. Kami langsung
informasikan kepada mereka, dan mereka ingin melaksanankannya di awal tahun
2010. Tepat di akhir bulan juni, kami bisa membeli mobil Great Corrola thn 95,
dari teman yang akan berangkat tugas dinas ke Thailand selama 1 tahun. Di awal
Juli, kami diberi rejeki lagi, sehingga kami bisa menukarkan mobil kami dengan
kapasitas yang lebih gede, innova v tahun 2006, dari teman kantor juga kami
memperolehnya. Akhir juli, kami mendapatkan rejeki lagi, yang saya pergunakan
untuk membeli sepeda motor Kawazaki Ninja 2008 warna hijau. Tepat di awal
agustus, kami juga bisa membeli rumah di daerah Pulogadung,  Jakarta Timur
hampir 500m2, dan kami tawarkan ke kakak ipar kami untuk mereka tempati, tapi
mereka karena suatu hal tidak mau menempatinya. Akhirnya rumah tersebut disewa
oleh beberapa orang teman kantor untuk didirikan minimarket dan sekarang dalam
proses pembangunan. Ya Alllah, ternyata engkau memang bener bener yang mengatur
semua rejeki yang ada, dan memang benar semua keyakinan kami terbukti. Kalau
rejeki memang datangnya dari Allah, dan kapanpun Allah bisa mendatangkannya,
dan kapanpun Allah bisa menghilangkannya. Semoga kami bisa memanfaatkan semua
rejeki yang kami peroleh untuk kebaikan umat manusia, bukan untuk kami nikmati
sendiri.

Di awal bulan agustus, teman saya mengembalikan dana yang dia pinjam, dan saat
itu juga langsung kami daftarkan haji, dan alhamdulilah kami mendapatkan kursi
haji tahun 2013, semoga memang Allah mengharapkan kami datang ke baitullah.

Minggu ke dua Agustus, kami memeriksakan kehamilan istri yang ke 3 bulan 3
minggu, Sore itu kami datang ke dokter langganan kami di RS Hermina Jatinegara,
ini control kehamilan bulan yang keempat. Ketika janin dalam perut istri
diperiksa, alhamdulilah semuanya berjalan dengan lancar dan dokter mengucapkan
selamat karena kemungkinan dari hasil USG, anak ketiga kami adalah laki laki.
Alhamdulilah ya Allah, bahwasana engkau begitu memanjakan kami dengan segala
kemurahan hati Engkau. Tetapi dokter melihat ada kelainan di kepala janin
tersebut, dan meminta untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan USG 4D
dan direkomendasikan ke dokter spesialis USG 4D tanpa menyebutkan kelainan apa
yang beliau prediksikan. Besuknya kami segera memeriksakan istri ke dokter dan
membawa hasil pemeriksaan USG 4D kepada dokter kandungan istri. Dan ternyata,
sesuai dengan analisa USG 4D, anak ketiga kami divonis mengidap syndrome DANDY
WALKER. Yah…anak ketiga kami divonis otak kecilnya tidak berkembang dan
diperkirakan andaikata anak lahir dengan selamat, maka anak tersebut akan
memerlukan bantuan orang lain untuk menjalani kehidupannya. Anak tersebut
diprediksikan akan mengalami lumpuh total, lebih parah dari anak autis maupun
anak hidrosepalus. Pada awalnya kami merasa bahwa ini hanyalah kesalahan
diagnosa dan kita akan cari second opinion, makanya kami memeriksakan diri ke
RS Hermina, RSCM dan RS pondok Indah, tetapi dari ketiga dokter yang kami
datangi semuanya menyatakan hal yang sama.

Terus terang, kami benar benar shock dengan berita tersebut, istri saya
langsung terurai airmata setiap kali dokter menjelaskan prognonis dari hasil
pemeriksaan janin ketiga kami.
Saya sendiri sebenarnya juga merasa shock, tetapi saya tetap berusaha
mengendalikan diri semaximal mungkin. Dari penjelasan keempat dokter tersbut,
bahwa tidak ada tindakan penyembuhan/korektif selama bayi dalam kandungan, yang
ada adalah penghentian kehamilan atau ABORSI, dan itu semua diserahkan kepada
pihak keluarga.

Kami sempat complain kepada dokter kandungan istri, kenapa setelah 4 bulan baru
ketahuan kelainan seperti ini, kenapa dibulan bulan awal tidak terdeteksi.
Ternyata syndrome Dandy Walker ini akan ketahuan setelah 3 bulan kehamilan,
ketika otak janin mulai berkembang, dan kemungkinan disebabkan pada saat usia
kandungan 3-4 minggu, ketika terjadi pembelahan sel dan pembelahannya tidak
sempurna karena sang ibu mengalami perubahan suhu badan yang bisa disebabkan
karena sakit flu atau demam. Dan memang setelah dicek medical record istri, di
awal bulan pertama ketika istri saya belum sadar kalau hamil, dia memang
mengalami demam yang lumayan tinggi/ meriang meriang karena flu, karena istri
saya menyadari kalau hamil setelah 6 minggu kehamilannya.

Sejak vonis itu, hari hari yang kami lalui seakan berlalu tanpa makna, tetapi
untungnya masa tersebut segera bisa kami netralisir dan kami segera memantapkan
diri, bahwa apapun yang terjadi, maka kami akan tetap melanjutkan proses
kehamilan ini. Terus terang saya sangat bersyukur memiliki istri yang hanya
dalam waktu 1 minggu langsung bisa memutuskan untuk tidak mengambil keputusan
ABORSI dengan alasan, `anak adalah titipan Allah, masak kita akan milih milih,
kalau kita dititipin oleh Allah yang baik menurut manusia (Kedua Anak kita yang
Alhamdulilah saat ni sedang lucu lucunya dan sehat selalu ) akan terima dengan
senang hati, tetapi ketika kita dititipin oleh Allah dan menurut manusia tidak
baik seperti anak kita yang ketika kemudian kita buang / ABORSI, padahal itu
jelas jelas dilarang oleh agama, seandainya kemudian Allah marah kepada kita
dan semua kemurahan Allah diambil lagi, anak kita yang sehat sehat kemudian di
beri sakit dan lumpuh total atau bahkan meninggal, kita sebagai manusia bisa
melakukan apa??"

Akhirnya setelah hampir 1 minggu aku merenung dan bertanya tanya kepada teman
maupun ulama yang aku anggap lebih dalam ilmu agamanya, dengan penuh keyakinan
dan selalu berpositif thinking bahwa apa yang diberikan Allah kepada kita
pastilah yang terbaik, dan seandainya ini cobaan, pasti Allah tidak akan
mencoba lebih dari batas kemampuan kami dan setiap orang pasti diuji dengan
ujian yang berbeda, karena itulah Allah Maha Adil, karena kalau ujian semua
orang adalah sama, maka disitu Allah tidak Adil. Alhamdulilah, kami ternyata
masih diberikan keimanan dan tidak mengambil jalan putus asa dengan melakukan
ABORSI.

Dan ternyata buat kami sekrang ini, ujian masalah anak ketiga ini menjadi ujian
keimanan kami yang besar maknanya, kenapa Allah dalam Firmannya menyebutkan
kalau ada 3 perhiasan dunia, ANAK, ISTRI, KUDA Tunggangan. Dan anak menempati
urutan pertama ternyata memang masalah anak akan menjadikan kita bener bener
teruji, dan ternyata masalah cobaan harta yang aku alami di tahun lalu,ternyata
tidak seberat yang aku rasakan saat ini.

Memasuki bulan ramadhan, terus terang saya berusaha memperbanyak ibadah dan
berusaha memaximalkan bulan yang penuh berkah ini, setiap kali menonton mujizat
shodaqah yang diasuh Ustadz Yusuf Mansyur dan Pernah lihat di Metro TV, kalau
Shelomita pernah mengalami vonis yang sama terhadap anak pertamanya yang
dianjurkan Aborsi karena mengidap Rubela dan ternyata sampai sekarang anaknya
normal normal saja. Akhirnya semakin memantapkan saya dan trus berusaha untuk
berdoa kepada Allah. Sampai suatu saat saya mendengarkan ceramah, kalau
bershodaqah dengan harta yang engkau cintai maka itu sebaik baiknya shodaqah.
Malam harinya saja bicara dengan istri, kamu ada harta apa yang kamu cintai
mari kita zakat dan shodaqahkan, kata istri aku, " Harta yang paling aku cintai
ya anak anak dan suami aku, kan perhiasan aku sudah hilang dirampok di bulan
april kemarin. Harusnya kamu yah yang mesti evaluasi?" Akhirnya kami ambil
keputusan untuk menzakat dan shodaqahkan mobil kami satu satunya, toh kami
berangkat kantor juga naik angkutan umum maupun sepeda motor juga bisa dan
kalaupun perlu mobil kita masih bisa menggunakan taxi.

Jumat saya jual mobil, dan semuanya berjalan dengan lancar, hari sabtu & minggu
kita salurkan dana yang kita peroleh dari menjual mobil kepada yang berhak. Dan
hati ini benar benar merasa plong tanpa ada beban sedikitpun, bahkan kita juga
tidak kuatir kita pulang mudik ke jawa timur akan memakai mobil apa, karena
kami yakin pasti Allah akan menolong kami.
Seninnya, saya masuk kerja seperti biasa, eh tiba tiba ketika melintas di
lorong kantor, salah satu direktur merangkul saya dari belakang dengan senyum
yang penuh kehangatan dan berkata " Kamu orang yang sangat menikmati hidup "
saya jawab, " Maksudnya menikmati hidup bagaimana mana Pak", beliau jawab, " Ya
kamu berangkat pulang kantor naik motor gede Ninja 250 warna hijau lagi", trus
beliau berlalu dari saya.
Saya jadi terbengong bengong, seperti ada yang menghujam di benak saya, "
Apakah saya terlalu hidup bermewah mewahan, Apakah saya jauh dari hidup
sederhana?? Ya Allah,kenapa beliau berkata seperti itu, apakah ini juga salah
satu teguran dari Allah melalui beliau" Akhirnya saya bertanya Tanya ke teman
sedivisi saya, Apakah saya hidup terlalu mewah? Mereka mengatakan, enggak koq,
kami melihatnya kamu biasa biasa aja, naik motor naik angkutan umum dan
kehidupan juga biasa biasa saja koq, andaikata kamu beli motor itu juga tidak
sampai berhutang.

Tetap saja malamnya saya tidak bisa tidur dengan tenang dan terus merenungkan
apa yang terjadi seharian tadi, akhirnya saya minta ijin istri untuk menjual
dan sekalian menzakat dan menshadaqahkan sepeda motor yang saya idamkan dari
awal tahun.
Besuknya saya langsung pasang iklan di Koran untuk menjual motor tersebut,
tetapi sampai 10 hari tetap belum laku motor tersebut, banyak yang datang dan
melihat tapi semuanya belum berjodoh. Sampai akhirnya di H-1tanggal 15
September 2009, sebelum saya pulang mudik dengan mobil pinjaman teman, ada
seseorang yang telpon dan berniat membeli motor tersebut, saya minta dia datang
kerumah jam 16.30 setelah saya pulang ke kantor. Jam 16.30, dia (Etnis
Tionghoa) datang bersama temanya dengan naik motor, dan terjadi negosiasi harga
dan sepakat motor dijual ke dia dengan pembayaran transfer di ATM BCA dekat
dengan rumah aku, dalam hati saya mengucap syukur,ternyata di detik detik
terakhir sebelum saya mudik, rencana saya untuk menjual motor akan bisa
terlaksana dan bisa saya salurkan di jalan Allah.

Sehabis saya membatalkan puasa, kita berangkat ke ATM dengan saya dibonceng
calon pembeli dengan alasan test drive, tetapi setelah sampai ATM, dia bilang
tidak bisa bayar transfer karena kakaknya tidak jadi transfer jadi mesti
dibayar cash di rumah dia di Pluit, akhirnya kita dari rawamangun berangkat
naik motor tersebut dengan saya sekalian membawa BPKB motor tersebut. Jam 19.00
kita sampai Pluit dan dia minta ijin isi bensin, saya pun yang dibonceng turun
dari motor, tetapi apa yang terjadi, dia malah membawa kabur motor saya. Dari
situ saya baru menyadari kalau saya menjadi korban penipuan yang sering saya
baca di Koran Koran. Selanjutnya saya melaporkan hal ini ke Polsek Penjaringan,
dan segera di BAP oleh kepolisian, jam 23.00 saya sudah kembali kerumah dengan
naik ojek.

Dirumah saya berpikir, saya sedang diuji apalagi ya Allah…Sepertinya iman saya
sedang diuji oleh Allah, disaat saya akan melakukan hal yang menurut kami baik,
ternyata semuanya tidak berjalan lancar. Saya tetap berusaha mengambil hikmah
positif di balik semua ini, dan dari akal saya, saya coba ambil hikmahnya :
1.      Saya masih diberikan keselamatan oleh Allah, karena saya berniat baik
maka saya tidak mengalami cedera apapun, bisa jadi kalau bukan karena saya
berniat shadaqah, mungkin saya akan teraniaya karena saya juga membawa BPKB
motor tersebut, No Rangka JKAEX250J9DA44195, No. Mesin EX250JEA44195.
2.      Mungkin orang tersebut lebih memerlukan daripada list panti asuhan
ataupun masjid yang sudah kami list untuk shadaqah kami, kalau dia tidak
mendapatkan motor saya , mungkin dia akan melakukan perbuatan yang lebih keji
lagi.
3.      Mungkin Allah membuat jalan shadaqah motor saya ini tidak selancar
ketika saya menjual mobil untuk shadaqah, karena mungkin Allah ingin menguji
iman saya, kalau jual mobil dengan nilai lebih besar dan shadaqah aja bisa,
maka menjual motor dengan nilai lebih kecil tentunya makin gampang untuk niatan
shadaqah saya. Mungkin disinilah saya akan mendapatkan tambahan pelajaran hidup.
4.      masihkan saya berpikir positif kepada Allah…karena ketika sesaat motor
saya dibawa kabur, yang ada di benak saya adalah saya menyalahkan Allah, Ya
Allah kenapa engkau yang Maha Tahu, tahu apa yang ada di hati aku, tahu apa
yang ada di hati setiap manusia tahu yang ada dihati pelaku tersebut, kenapa
Engkau tidak berusaha menghentikan tindakan jahat dia. Ya Allah, maafkan
hambanya yang sempat terbersit negative thinking kepada Mu.

Setelah kehilangan motor, besuknya saya pulang kampung dengan mobil pinjaman
dari teman yang kebetulan dia mudiknya naik pesawat ke pulau seberang. Benar
kan, keyakinan saya, meskipun saya telah jual mobil, saya tidak akan kesulitan
mudik, karena saya yakin bahwa Allah akan menolong kami lewat tangan siapa saja.

Selasai kita mudik, tanggal 25 Sepetember kita sudah sampai lagi di Jakarta.
Tanggal 27 Sepetember, saya mendapat telepon dari Polsek Penjaringan Jakarta
Utara, kalau penipu motor saya sudah ketangkap, dan saya diminta datang ke
kantor polisi untuk memastikan bahwa dia penipunya. Langsung siangnya saya
meluncur ke kantor polisi, dan memastikan kalai dia yang menipu saya. Meskipun
sepeda motor saya belum ketemu, tapi saya merasa, perjalanan hidup selama bulan
ramdhan kali ini begitu berarti. Dan saya yakin kalau memang Allah menghendaki
motor saya ketemu, saya tetap akan melaksanakan rencana saya dari awal. Semoga
aparat kepolisian bisa membantu menemukan motor saya tersebut.
Awal October 2009, saya dan istri sudah di BAP lanjutan, untuk proses lebih
lanjut kepengadilan. Sebagai warga Negara saya akan terus mengikuti proses
hukum yang benar, dan semoga pelakunya dibukakan pintu hatinya agak jangan
pernah mengulangi tindakan yang melanggar hokum tersebut.

Semoga kami sekeluarga bisa menyelesaikan semua permasalahan yang kami hadapi,
Dan semoga dengan kejadian yang kami alami ini, membuat kami semakin beriman
dan bertaqwa kepada Allah, dan membuat kami semakin peduli dengan sesama yang
kekurangan.

Desember 2009, mohon doa pembaca sekalian agar nanti anak kami yang ketiga
lahir, semoga Allah menunjukan kebesaranya kepada kami, dan memberikan titipan
yang terbaik, anak yang Sholeh, sempurna, sehat dan berbakti kepada Agama,
Orang Tua dan Negaranya, agar senantiasa memperoleh kebahagian dunia akherat.

Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari perjalanan hidup saya di tahun
2008- sekarang.

Allah memberikan sesuai dengan Kebutuhan Kita bukan Keinginan Kita