Menjawab pertanyaan Andi Lesmana, menurut saya :
1. Jumlah menjadi 10x lipat karena memang dari awal perkiraan dana suntikan
632M itu sifatnya baru "sementara", dan itu sudah dikonfirmasikan oleh BI,
mengingat pemeriksaan menyeluruh thd BC saat itu belum tuntas. Lagian bail-out
jadi sangat besar antara lain karena BUMN2 pun ramai2 menarik depositonya,
pdhal seharusnya mereka sbg badan usaha milik negara jangan menarik dananya spy
bail-out jadi lebih ringan dan efek psikologisnya lebih kecil juga. Tapi anda
lihat sendiri, setelah dibail-out pun nasabah masih ramai2 menarik dananya krn
ketakutan, siapa yg bisa menjamin kalau BC tdk dibail-out, tidak akan terjadi
rush di bank2 lain? Efek psikologis itu sesuatu yg tidak bisa dirumuskan secara
matematis. Untung BC dibail-out, shg tidak terjadi kegoncangan di bank-bank
kecil yg lain.

2. RT diketahui licik kan baru belakangan stlh terbongkar kasus pencuriannya,
sebelumnya mungkin tidak ada yg tahu kalau RT itu licik. Mungkin krn kelihaian
RT dalam meyakinkan orang lain dgn modal tampang lugu dan keahlian bicaranya.
BUMN2 besar saja banyak yg menaruh deposito di situ. Universitas Atmajaya Jogya
pun juga percaya pd BC dan akhirnya terperosok. Bahkan RT juga selalu bersikap
kooperatif dgn BI pd saat dia dipanggil BI untuk menyuntik dana ke BC krn
CARnya sdh minus, shg BI memberi waktu RT utk mencari investor baru.

3. Unsur pidana BC jelas ada, dan itu dilakukan oleh RT dan DT (manajemen BC).
SM dan Boediono hanya membuat keputusan apakah BC dibail-out atau dibiarkan
kolaps dan ditutup. Kondisi keuangan global sedang parah2nya saat itu, Sofyan
Djalil pun mengatakan pd saat rapat pertama depkeu dgn BI membahas BC
situasinya sangat mencekam (rupiah terjerembab, dana-dana asing deras mengalir
keluar dari indonesia, ketidakpercayaan antar bank sangat tinggi, likuiditas
sangat sulit, dan bank-bank di AS dan Eropa banyak yg bertumbangan). Sofyan
Djalil wkt itu menjadi menkeu ad-interim menggantikan SM yg sedang ke
Washington. Krn dia tidak berani mengambil keputusan, maka SM pun dipanggil
pulang. Jadi kalau ada orang yg mengatakan hanya BC bank yg bermasalah,
bank-bank yg lain semua baik2 saja, mungkin dia harus minta data yg jelas dulu
ke BI spy bisa lebih fair dalam memberi komentar.

Ungkapan bijak yg dikutip oleh Andi Lesmana sangat benar. Apa yg saat ini
dipikir baik oleh DPR (ingin membongkar skandal BC) belum tentu benar (krn
kasus bail-out BC bukan skandal, krn sdh berdasarkan pertimbangan2 matang dan
terukur sesuai dgn kondisi pd wkt itu), dan apa yg dipikir benar oleh DPR
(bail-out BC dijadikan kasus politik besar2an sampai membentuk pansus segala,
pdhal sih sebenarnya kasus BC kan kasus kriminalnya RT dan DT), belum tentu
baik untuk rakyat secara keseluruhan (krn menimbulkan ketidaktentraman,
mengganggu perbaikan ekonomi, dll) dan terjadinya ketidak-adilan krn
belum-belum SM dan Boediono sudah dihakimi oleh rakyat akibat rakyat
terprovokasi oelh ingar-bingar kasus BC tapi sebenarnya mereka tidak tahu duduk
perkara yg sebenarnya.

Semoga kasus BC ini cepat beres dengan sebaik-baiknya, karena saya yakin SM dan
Boediono sama sekali tdk punya konflik kepentingan dgn bail-out BC. SM dan
Boediono adalah 2 tokoh yang sangat dihargai dan disegani di dunia
internasional, bahkan SM dua kali berturut-turut menjadi salah satu dari 100
Wanita Paling Berpengaruh Sejagat (yg pertama di urutan ke-4, yg kedua di
urutan ke-20an, cmiiw). Dan Boediono banyak memperoleh penghargaan
internasional pula. Alangkah sayangnya jika mereka harus turun hanya karena
tuduhan-tuduhan keliru, karena kasus kriminal pemilik BC dikait-kaitkan dengan
keputusan bail-out BC.

GBU..