Siapa yang bisa tahu pasti kemana idx akan mengarah? Kita hanya bisa
menganalisa dan membuat perkiraan berdasarkan fakta yang ada. Tulisan
sebelumnya memang sedikit mencampur ramuan fundamental dan tehnikal, karena
saya percaya bahwa kedua faktor itu yang menjadi triger penggerak idx. Tentu
saja tanpa melupakan peranan bandarmologi-nya Mbah (kalau big bozz sedang nggak
pengen, kita bisa apa?).
Secara fundamental untuk cakrawala pandang yang lebih panjang dan luas, saya
percaya bahwa krisis keuangan yang melanda dunia sudah berakhir dan karenanya
dunia sekarang memasuki tahap recovery. Ditahap ini bukan berarti bursa saham
dunia sudah berada di teritori bullish. Masih banyak masalah lanjutan yang
masih akan menimbulkan kekuatiran dan ketakutan dikalangan investor. Momen
seperti sekarang akan terulang lagi nanti, misalnya ketika FED suatu saat
memutuskan menaikan Fed-rate, maka akan terjadi selloff lagi dibursa saham dan
komoditi dan perburuan kembali US dollar.. Kabar baik dan buruk akan bergantian
muncul, dimana secara bandarmologi dampak volatilitas yang ditimbulkan akan
dimanfaatkan oleh bozz, karena bukankah bozz (sebagian dari kita juga kan?)
justru senang melakukan surfing di ombak yang bergelombang tinggi? Tapi secara
umum pasar keuangan dunia akan membaik, karena siapa yang betah berlama-lama
hidup susah?
Hanya saja jika wacana Presiden Barack Obama tentang pembatasan peranan
perbankan AS dipasar modal terealisir, maka jumlah super bozz akan jauh
berkurang dari sebelumnya dan karenanya kita akan sangat tergantung pada “mood”
boss lokal. Transaksi harian akan mengecil dan idx akan sideways dalam waktu
cukup lama. Tapi pada akhirnya market akan menemukan keseimbangannya dan
kehidupan kembali pulih dan berjalan seperti sedia kala, seakan tidak pernah
terjadi peristiwa apapun sebelumnya. Begitulah seharusnya.
Dari sisi teknikal untuk cakrawala pandang yang lebih pendek, Bursa saham AS,
Eropa dan Asia, hampir seluruhnya berada dizona kritis, dimana indikator MA200
dan level psikologis bursa-bursa saham dunia sudah dihampiri, disentuh, bahkan
beberapa diantaranya sudah ditembus. Penurunan lebih lanjut hanya akan
membesarkan bola salju yang sudah mulai terbentuk. Bola salju itu kini masih
tertahan disuatu titik dan semoga menjadi entry level (bukan cashout) investor.
Minggu depan adalah saat yang menentukan untuk memastikan pilihan mana yang
benar: masuk atau malah kabur. Tapi sekali lagi, melihat pergerakan DOW pada
akhir pekan lalu, kita seharusnya bisa lebih optimis terhadap kemungkinan yang
akan terjadi. Masih memerlukan konfirmasi memang, dan karenanya mungkin dititik
ini kita memerlukan bantuan dan kejelian bung JT, uda Tasrul, Pak  De, dll,
dalam membaca pergerakan jangka pendek idx seminggu kedepan, sehingga kita
terbantu untuk bisa melihat lebih jelas.
Tentu saja kita tetap harus mendengarkan nasehat dari Mbah dan para Jenderal
Besar seperti pak Artomoro agar tidak kualat. Kalau pak Arto mengatakan masih
belum “mood”, maka kitapun belum. Market tidak akan kemana-mana jika Bozz Besar
tidak ikutan dan Mbah tetap merupakan figur luar biasa yang telah
mendedikasikan banyak waktu dan fikirannya untuk mencium jejak langkah Bozz
Besar. Ikuti saja jejak itu melalui peta yang disediakan Mbah, nggak akan
nyasar kok.

Rgd,