From: TimurLangit <i4...@yahoo.com>
Date: Mon, 1 Mar 2010 16:01:05
To: Obrolan Bandar<obrolan-bandar@yahoogroups.com>
Subject: [ob] Menghitung harga Banderol :: Ajarin Dong!

Saya baru baca sebuah buku yg didalamnya ada tabel perhitungan fair value dari
sebuah saham.
Dibuku itu disebutkan, bahwa sebaiknya berdaganglah di saham yg kasi diskaun
besar dari harga fair value nya. Hal ini dikarenakan resiko untuk harga turun
lagi akan lebih kecil dan lebih lambat.

Iseng2, saya bikin excel nya (terlampir). Saham yang saya hitung adalah UNSP.
Beberapa hal yang membuat saya bingung;
- Dari data yg saya dapat, Cash flow from moperating activity UNSP mengalami
pertumbuhan rata2 dan konsisten diatas 48% pertahun sejak 2007.
- Kalau saya gunakan 48% pada excel perhitungan itu, maka fair value UNSP
menjadi diatas Rp5000.
- Padahal Faktor Diskaun nya saya kasi 14%

Tolong periksa perhitungan2 pada excel terlampir, dan ajarin saya bagaimana
menentukan % pertumbuhan Cash Flow yg sebagai input serta cara menentukan
diskaun faktor.

Menurut saya, diskaun faktor haruslah interest rate dari obligasi or sukuk, or
yg mana yg lebih besar. Dengan asumsi, kalau % pertumbuhan dibawah diskaun
faktor, maka saham itu tidak lebih baik daripada obligasi or sukuk yg lebih
terjamin.

Timur

Kirim email ke