ok pak art ; pesannya 2 ya

pesan 1

price discount everything = everything means any news, company worthiness,
future prospect, hidden nasties, extra risks, franchise value etc sudah
built-in di price and charts.

untuk ini bisa jadi valid. harus ada orang2 yg melakukan assesment terhadap
hal hal yg saya sebut diatas (news, valuation, future prospects, hidden
nasties, M & A target etc)

hanya ketika semua tercampur dan tercermin dalam indikator TA secara valid
lah maka jargon "price discount everything" bisa terpenuhi. jadi secara
efektif memang harus ada perilaku aktif semua partisipan pasar dahulu.
supaya TA valid harus ada orang2 yg mencari loophole saham2 yg mispriced
dari harganya di pasar.

pesan ke2 adalah penegasan pesan ke1, supaya harga bisa gerak (dibeli dan
dijual oleh mover), mover harus yakin ini barang mispriced. supaya tau ini
mispriced kan gak pake TA. karena tools TA bukan tools untuk menebak
kelayakan harga tapi untuk membaca perilaku dan sentimen di pasar.

supaya TA bisa jalan (reading dan indikatornya valid) harus ada orang2 yg
aktif melakukan analisa dan mengambil posisi besar dan meaningful di pasar.
supaya mover bisa ambil posisi di satu saham dia HARUS PERCAYA saham ini
Mispriced dan dia punya analisa yang mendukung "harus-nya" saham ini kemana
dan berapa. salah satu tools nya ya FA itu tadi. selain mungkin ada analisa
pair trade, quant-trading, indexing etc.

supaya TA jalan (bahkan supaya teori market efisien bisa jalan), harus ada
orang2 yg meyakini harga di pasar mispriced dan mereka melakukan analisa FA
secara aktif (tidak menggunakan TA sebagai tools utama) sebagai dasar
pengambilan keputusan investasinya.

saling melengkapi lah. kalo di pasar orang TA semua itu harga gak bakalan
gerak kemana2, trus siapa yg exploit news, FA, Valuasi, CA suapaya jargon
"Price Discount Everything" terpenuhi (Everything being all FA, all news,
all possible future development etc)