________________________________
Dari: Bagus Putra Perdana <disclosure....@gmail.com>
Kepada: obrolan-bandar@yahoogroups.com
Terkirim: Kam, 25 Maret, 2010 20:52:22
Judul: Re: [ob] tanya Kang Ocoy

emm sebenernya gini pak cleo. current ratio diatas 1 itu asumsinya dia bisa
ngelunasin semua kewajiban lancarnya dengan aset lancar. cuma nilai ideal
current ratio mungkin sebesar 1.5an (atau tergantung industrinya) . kalo diatas
2.0 bisa menandakan dia terlalu banyak numpuk "idle asset" yang seharusnya bisa
"diputer" lagi.

untuk current ratio diatas 1.0 juga gak bisa indikasiin dia bener-bener aman
pak.

karena klasifikasi aset lancar kan kas dan setara kas, piutang, biaya dibayar
di muka, sama inventory.

seyogyanya rasio aset berkualitas (kas dan setara kas, piutang ) berada diatas
50-60 % dari rasio seluruh aset lancar.

soalnya kalo isi aset lancar nya sebagian besar inventory, kalo inventorynya
susah dijual ya bisa bisa gak bisa nutupin kewajibannya juga.

pada beberapa kasus current ratio tinggi bisa dibuat artificial, yaitu current
ratio tinggi karena dia baru issue long term debt. jadi kas nambah tapi
sebenernya beban di masa depan nambah. karena itu perlu diawasi kalo ada
lonjakan kas yang didanain dari lonjakan tiba2 jumlah hutang jangka panjang.
sebaliknya kadang bisa juga kas habis dan berkurang banyak tapi aset jangka
panjang naik, ini karena kas itu baru digunakan untuk beli aset jangka panjang.

tinggal kita liat penggunaannya. kas banyak, current ratio tinggi. tapi hutang
jangka panjang juga banyak. ini harus di cek kas nya bisa diputer untuk operasi
dan operasinya untung ato rugi?. kalo posisi kas tinggi tapi operasinya rugi ya
bisa2 kas nya abis dan ujungnya bisa dibawah 1.0.

tapi secara umum harusnya dijaga diatas 1.0 pak. kalo kurang dari 1.0 nya
banyak, berarti dia kudu issue debt dengan jaminin aset jangka panjangnya, ato
sekalian kudu jual aset jangka panjangnya. biasanya kalo udah gini biaya
pinjamnya tinggi ato jaminannya aset yg berharga dan harus rela kalo aset nya
dihargain dibawah nilai yg ada di neraca.

--
Each piece, or part, of the whole nature is always an approximation to the
complete truth, or the complete truth so far as we know it. In fact, everything

Dapatkan alamat Email baru Anda!