-----Original Message-----
From: obrolan-bandar@yahoogroups.com
[mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of sbudianaY
Sent: Thursday, October 25, 2007 6:09 PM
To: obrolan-bandar@yahoogroups.com
Subject: RE: [obrolan-bandar] Buy or sell option untuk saham.

Saya mo share Pengalaman saya tentang Options,

Yg namanya Options di Indonesia masih barang baru, biasanya orang
cenderung suka sama barang baru dalam segala hal, hehehe.....

Nah, kalo ga salah 2 th lalu saya ikut seminar Options di Jakarta yg
dimulai dari Previeuwnya dulu yg gratisan tapi dikasih makan dan minum
gratis (sekarang seminar previeuw yg gratis uda ga dikasih makan minum
lagi) kemudian d-iming2in ikut seminar bayar kalo mo tau lebih lanjut
dan jelas supaya bisa ikut trading Options.

Nah saya putuskan ikut dan bayar beberapa juta, a.l. diajarkan bahwa
Options bisa Profit saat Bearish, Sideways, apalagi Bullish.

Detelah ikut seminar saya berpikir rasanya tidak semudah itu bisa
Profit, lalu say kasih saran sama sesama pengikut seminar agar kita
kumpulkan dana dan suruh guru seminarnya yang handle trading karena
kelihatan begitu meyakinkan ngajarnya supaya kita sekaligus bisa iktuin
belajar tradingnya tapi saya kasih syarat bahwa sang guru pun harus ikut
invest agar dia lebih bertanggung jawab karena ada kepentingan modal dia
sendiri di account itu, dan setelah saya diskusikan, guru itupun setuju
dan mulailah kita buka account dan trading Online di OptionsXpress di
USA.

Ternyata beberapa bulan pertama saat market sedang Bullish memang kita
untung rata2 5% saja setiap bulannya, lalu sang guru mulai minta modal
diperbesar agar trading dapat lebih leluasa dan profit menjadi cukup
beharga, sehingga rekan2 semua bersedia ikut juga menambah modal.

Setelah tambah modal, ternyata angin puyuh mulai berdatangan dan market
banyak turunnya sehingga kalo dibilang Sideways maupun Bearish bisa
Untung tidak menjadi tidak terbukti.

Akhirnya hitung punya hitung loss sudah sekitar 20 %, kemudian trading
berjalan terus hingga lebih satu tahun dan bukan balik profit tapi
ternyata tambah Rugi. Melihat situasi yg sudah tidak memungkinkan modal
bisa kembali boro2 mau untung, saya sarankan diliquidasi saja dan kita
tari uangnya yg sia kira2 masih bisa dapat 65%, ternyata sang guru
mempertahankan dibantu rekan lain yg masih penasaran mengharapkan bisa
kembali bahkan kalo bisa malah Profit.

Buntut2nya Loss menjadi tambah dan modal tinggal dibawah 50%, setelah
market Bullish dan semua saham naik, maka saya dengan gencar kejar2 dan
memaksa untuk diliquidasi saja, ternyata beberapa rekan untungnya mulai
sadar dan membantu memberi dukungan agar di liquidasi dan terkumpul
hanya tidak lebih dari 55% saja.

Itulah pengalaman Options agar rekan2 menjadi tau, pesan saya kepada yg
tertarik ke Options, silahkan mempelajari dulu, jadi sebelum terjun
sedia payung sendiri dulu dan jangan percaya kepada siapapun juga.

Semoga ulasan saya diatas bisa bermanfaat bagi rekan.

SB