Apa saya dulu salah belajar:

Call - kita harap harga naik
Put - kita harap harga turun

Kalau kita buy call maka kita ngarapin harga naik sedangkan kita buy put
dengan harapan harga turun.

Kalau posisi kita sell put, maka kita harapin harga naik sehingga kita cuan
sebaliknya kalau kita sell call maka harapannya harga turun.

So at the end:

Buy Call = Sell Put
Buy Put = Sell Call

cuma dari sisi risk lebih resiko menjadi Seller, lihat aja kalau kita sell
put saham di US, maka yang dilock up sama dengan harga sahamnya bukan cuma
premi doang.

See the difference