argumen persaingan biasa terkait dengan: hilangnya pangsa pasar,
margin turun, laba turun.

tapi waktu deregulasi dilakukan, sering sekali yg terjadi: persaingan
meningkat, harga turun, laba NAIK????

yg terjadi ternyata dinamika faktor X: peningkatan efisiensi.

nah pertanyaannya: bisa kah faktor X dari TLKM lebih besar dari yg
lain krn dia udah unggul dari dulu???

sekarang ide2 di sektor Telkom setahu saya: kerja sama antar operator
untuk menurunkan biaya ==> ekspansi pasar (yg belum punya HP),
penambahan penggunaan (buat yg udah punya).

puluhan tahun dikuasai TLKM dan ISAT, pengguna telekomunikasi hanya 4
jutaan sambungan. 10 tahun pasar semakin bebas, yg pake telpon susah
dihitung.

setelah krisis biaya input naik gila2-an krn barang impor super
mahal, harga pulsa turun terus, tapi kok laba tetap naik. darimana
tuh???

ngerinya: jangan2 TLKM malah seperti bank BUMN dan Garuda, yang
terseok2 dihajar ama pemain2 baru.

rz

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, Armando Anthony
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> WAH TENGKYU BERAT ATAS ULASANYA.
>
>   Soalnya kemaren dulu baru jual SGRO, nyangkut di 2625 dan 2500,
banyak banget, gara2 gak dapet barang IPO, DIBODOHI OD, mau average
down gak brani kalau barang ginian.  Apalgi org SGRO pada percaya
sama jie sam soe (234).  Nunggu 4 bulanan sempat juga jualan.  Abis
itu bingung mau beli apa?

>   TLKM sih average down masih berani.  Kalau KEMAHALAN itu saya
nggak tau.  Tapi kalau ke 9650 saya pasti beli lagi

> [...]
jangan
> kalah sama lawan2 asing dan swasta dan juga manajemen sanggup
> melakukan terobosan dan inovasi dan pemegang saham pemerintah dan
> pemegang saham ritel jangan minta dividen banyak2 ama telkom biar
> duitnya bisa dipake MEGAPROYEK Telekomunikasi yg bisa bikin barrier
> entry telkom gede lagi kalo perlu yg teknologinya ga bakal bisa
> dijangkau pemaen2 baru modal kecil"... Aminnn!!!.....
>
> -Tapinya sebagai individu Ocoy juga seneng sama kompetisi di
industri
> telkom karena pulsa Hape jadi murah dan bisa TELPONAN TRUSSS........

Investor"nya