Pada Kamis, 29 November 2007, Sharif Dayan menulis:

"Anda rupanya peminat sejarah kemiliteran. Bagaimana dislokasi pasukan
Anda saat ini ?"

Pagi Tanggal 30 October 07.. saya terjunkan divisi khusus 101st Airborne
untuk mendapat pijakan di wilayah SMCB, dengan harapan bahwa growthnya
yg relatif konstan dapat berlanjut  hingga akhir tahun. Mendarat di
kilometer 1200, memerlukan waktu 1 minggu hingga Pasukan mendapat
pijakan yang kuat di kilometer 1400.

Kemudian mulai tanggal 12 November pasukan utama marinir melakukan
pendaratan bertahap di wilayah Pantai PTBA, SGRO & TBLA dibawah hujan
artileri musuh.

Ternyata kali ini saya sedang beruntung. Walaupun pasukan utama digempur
habis-habisan dan di jepit di semua sektor,(terutama di sektor PTBA
dengan minus hampir 20%), Strategi penerjunan 101st kali ini berhasil
dengan baik. Divisi Airborne di wilayah SMCB berhasil maju hingga ke
kilometer 2000! Sehingga kondisi pasukan diatas kertas secara umum masih
utuh.

Tanggal 16 hingga 19 November : meluncurkan Operasi "Pasar Kebun" untuk
mencari jalan alternatif dengan mengirimkan beberapa unit melalui medan
IKAI yg relatif baru, dan menerjunkan pasukan pengintai ke wilayah BNII.
Sayangnya strategi ini tidak berhasil, pasukan di IKAI dipukul mundur ke
kilometer 950, dan pasukan di BNII terkepung di kilometer 280.

Tanggal 20 November : Korps cadangan dikirim untuk membantu pasukan
bertahan di wilayah PTBA kilometer 9700.

Tanggal 20 November : melihat medan yg semakin tidak menguntungkan,
terpaksa menarik sebagian pasukan di SMCB yg sudah terlalu lelah di
kilometer 1800. (manuver yg sebenarnya sedikit terlambat :-( )

Tanggal 23 November : medan perang mulai berubah. Seluruh pasukan dapat
mulai maju bergantian, kecuali TBLA yang masih terjebak di pantai dan
BNII yg masih tetap terkepung.

Salam Hormat,
Kputra

"Don't fight a battle if you don't gain anything by winning." -Edwin
Rommel-