Wait wait..

Pak Oen bicara bandarmologi, *which is very true*
Pak Tbumi bicara fundamental/prospek kedepan *which is also true*

Fundamental (aka lap keu/corp. act/harga komoditi) pasti berpengaruh dalam
pergerakan saham, tapi Bandar(mologi) lah yang menjadi katalis, yang
menciptakan pasar (supply/demand) dan kondisi psikologis (fear/greed),
dengan memanfaat FA (dan rumor)

TA mencoba bereaksi/antisipasi atas kedua hal diatas. TAers seringkali tidak
perduli rumor/FA/Bandar. Asal indikator bilang buy, ya buy aja. Makanya di
milis ini ahli TA nya jarang ngomong, karena tau TA itu sangat OBJEKTIF,
hanya fokus pada harga+volume.

*For me, cuan is cuan. *Mau pakai gaya apa kek, terserah masing-masing, yang
penting kan cuan :)

Saya? Saya seringnya pakai TA dan agak kontrarian sedikit dan timeframe
medium long. Analisa FA cukup baca-baca riset dan koran, BA nggak ngerti,
tapi saya suka mengamati psikologi pasar (fear vs greed). Saya menganggap
pasar saham = *psychology war,* yang di TA dikenal dengan nama
SUPPORT/RESISTEN.

*Eh nggak ada yang nanya ya.. hehe...*

Saya percaya saham-saham BEJ memang ada bandarnya, cuma kalau FA bagus,
bandar mau guyur juga ada batasnya, karena bisa-bisa barang direbut sama
bandar lain yang juga punya modal kuat.

Jadi ujungnya balik lagi ke FA.

Regards,
DE