--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, Armando Anthony
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Pak tbumi,
>
>   Ada bbrp hal yg menarik utk saya pertanyakan.  Dr. sejak ANTM
turun dari harga tertingginya di 5300-an, anda adalah satu dari
sekian banyak ANTMer's yg tetap konsisten advising bahwa ANTM akan ke
5500 dan selanjutnya ke 6000 menyusul BUMI.  Bukankan ini berarti
anda MELAWAN ARUS? atau melawan FM GEDE yg sudah mulai less
confidence dg ANTM?

>   Walaupun TA memberikan sinyal rebound dan harga nickel
menunjukkan tendency untuk naik, ANTM toh tetap diguyur setelah
rebound sedikit dari 4375 ke 4725.  Ini berarti TOOLS yg kita gunakan
menjadi KURANG BERARTI.  MARKET MAKER atau FM GEDE lbh banyak
memainkan perannya daripada TOOLS yg kita gunakan.

>   Kalau dilihat dari rangenya seminggu ini, ANTM ini sudah
mendekati 1000 dr highest and lowestnya.  Saya termasuk yg ikut ambil
ANTM di 4400 dan 4500.  Tapi karena melihat guyuran sedemikian deras
dari 4725, nyali saya jadi menciut dan lepas di 4550, walaupun
sebetulnya saya sudah antri beli di 4700.

>   Kalau dibandingkan dg BUMI, walaupun mulanya saya menduga KEJEDUT
di 5900, ternyata dugaan saya keliru dan BUMI lebih STABIL di level
6000-an

>   Bgmn Pak tbumi?
>

> SIP : TBUMI

  Didalam investasi saham, janganlah melihat saham mana yg
  mencapai harga tertinggi dulu dan bahkan saham mana yg
  pernah beberapa hari terus menerus dijual oleh sekuritas
  besar.
  Yg harus dilihat sama pemain adalah fundamental, ekonomi
  global dan minyak di dunia. DOWJ dan NIKKEI jadi merah atau
  hijau karena ekonomi global dan minyak.
  ANTM pernah turun banyak beberapa hari dulu, bukan karena
  ada masalah di ANTM. INCO saja pernah turun hampir 20%
  diakhir tahun 2006 (harga disaat itu sekitar Rp. 20'000) dan
  saat ini sudah disekitar Rp. 100'000.
  Pemain kan tahu permintaan nikel didunia tergantung juga
  sama ekonomi global. Memang saat ini ada pig iron, tapi
  pig iron tak bagus kwalitasnya maka negara barat tak mau
  produkt yg pakai pig iron.
  Seperti anda kalau mau beli spare part mobil, ada yg asli
  dari Astra atau yg kelas Taiwan, Cina.

Kirim email ke