Belum pernah sih main di Nikkei sih hehe cuma saya perkirakan:

1.      Dibanding IHSG, inflasi tentunya jauh bedanya dan investasi lebih
stabil, kurs mata uangnya lebih stabil juga (cenderung menguat), nilai
capital lebih besar dibanding jumlah pemain (berbanding terbalik dengan
Indonesia hehe), jadi masih ok untuk return lebih kecil karena capitalnya
besar. cmiiw
2.      Inflasi tinggi di Indonesia pasti mendorong IHSG (lebih tepatnya
saham2 bagus) naik lebih tinggi lagi, tak mungkin turun. Di states, kalau
fed cut pun kalau inflasi tak masalah, index pasti naik lebih tinggi lagi.
Di jepang, inflasi kemungkinan sangat2 rendah, malah bisa jadi deflasi.
cmiiw
3.      Kalau capital gain kecil, dividen yield-nya pasti memberi return
jauh di atas suku bunga. cmiiw
4.      Investasi ke luar nikei pasti tinggi sekali, perusahaan di Jepang
didukung income dari luar Jepang sendiri, keluar sebagai return di
dividen-nya (nomor 3). Jadi capital gain tak jadi nomor 1 lagi. Sementara
kita ngejarnya capital gain karena perusahaan masih butuh banyak capital
untuk berkembang dan mengejar inflasi, akibatnya dividen kecil (berbanding
terbalik dengan Jepang). cmiiw

Perkiraan saya saja hehe :-) capital saya masih kecil, belum saatnya main
kesana, hehe masih cari modal di Indonesia hehe :P

HS

  _____