biasa lah analis.

coba ingat bagaimana berita tentang proyek nikel (Goro, Ravernsthorp,
dll) ketika harga nikel naik. belum lagi di LME stok-nya turun terus.
dari sisi permintaan, segala macam keperluan muncul, dari Cina sampe
Korea.

setelah harga nikel turun, semua berita baik keluar.

CPO juga nasibnya mirip.
ada yg bilang korelasi harga CPO dgn minyak bumi lebih 90%, dengan
argumen bio-fuel.
Begitu harga minyak bumi turun ke 80-an tempo hari, sedangkan harga
CPO naik terus, keluar alasan: bukan bio-fuel, tapi konsumsi CPO sbg
makanan naik tajam (lagi2 disebut Cina, India, dan Indonesia).
skrg diperlihatkan gap harga antara CPO dan soy-oil.

logika yg sama berlaku bagi batubara.

kesimpulan: analis perlu buat laporan, koran perlu buat berita.
reporter nelpon analis, lalu reporter konfirmasi sama fund manager.
selanjutnya analis buat laporan baru menggunakan berita koran. fund
manager perlu fee, jadi ikut aja ama pasar (= market cap weighting).
investor ritel perlu untung, karena itu harus hati2 sama analis &
koran.

salam,
rz

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "Aria Bela Nusa"

> [...]