Maaf jadi pingin ikutan nimbrung nih.

Apakah saham Big Cap bisa dibandari?
tentu bisa, semua saham bisa dibandari, asal modalnya cukup.

Perlu Biaya berapa untuk menggoreng saham dengan kapitalisasi 10 trilyun?
Tentunya tidak sejumlah kapitalisasinya yaitu 10 trilyun. yaitu kurang dari
itu.
Karena yang di"goreng" bukanlah semua saham yang ada, tapi yang ada dalam
perputaran perdagangan bursa.

Sebagai contoh, kita pakai TINS.
Rata-2 volume perdagangan TINS selama 20hari adalah sekitar 3,5 juta lembar
perhari.
dan rata-rata harga TINS selama 20 hari adalah Rp. 30.675.

Jadi Value rata2 TINS selama 20 hari adalah:
Rp.30.675 x 3,5 Juta lembar = Rp. 107.362.500.000 (sekitar 107 milyar)

Tentunya dalam menggoreng saham, tidak semua volume dihari itu adalah milik
bandar.
Diperkirakan, Bandar memainkan volume antara 25-30% volume pada hari tsb.
25% dari Rp. 107.362.500.000 = Rp. 26.840.625.000
30% dari Rp. 107.362.500.000 = Rp. 32.208.750.000

Jika Bandar memakai margin 1:1, berarti modal yang dibutuhkan adalah
setengah dari jumlah tersebut diatas.
Jika Bandar memakai margin 1:2, berarti modal yang dibutuhkan adalah
sepertiga dari jumlah diatas.
Belum lagi jika Bandar punya Collateral (jaminan) dalam bentuk saham lainnya
yang bisa dipakai sebagai modal margin, tentunya bisa lebih sedikit lagi
modal yang dibutuhkan oleh bandar.

Jumlah itu adalah modal harian yang statis,
Maksudnya jika pada hari tsb, Bandar hanya melakukan posisi beli, tidak ada
posisi jual.
Jika Bandar melakukan posisi Beli dan Jual sekaligus pada hari itu, tentunya
modalnya lebih kecil lagi.

Perhitungan diatas adalah modal bandar untuk melakukan cornering harga
sahamnya.
Belum memperhitungkan modal bandar meng-collect saham tsb (saham yang di
keep oleh bandar untuk dilepaskan jika harga sudah mencapai target).

Hehe... kok saya jadi sok tahu nih soal perbandaran.
Mungkin embah, pak oentoeng dan para senior lain bisa memberikan penjelasan
yang lebih komprehensif.

Best Regards,

On 3/29/08, Resa <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>  perlu biaya berapa untuk menggoreng saham dengan kapital 10 Trilyun?
>

> thanks,
>
> Resa

Kirim email ke