*http://hukumonline.com/detail.asp?id=16680&cl=Berita*
*Sofyan Djalil: Saya Tidak Anti Privatisasi
*[9/5/07]

*Menneg BUMN yang baru ini justru gencar mempromosikan privatisasi BUMN,
ketimbang berbicara tentang peningkatan kinerja BUMN.*

 **

Walau belum mau berkomentar banyak tentang program yang akan dilakukannya
pada pos baru, namun Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (Menneg BUMN)
terpilih Sofyan Djalil sudah memberikan sedikit sinyal arah kebijakan
kementerian yang mengurusi perusahaan-perusahan pelat merah itu. Salah
satunya melanjutkan program privatisasi BUMN.

Sofyan mengaku sangat mendukung adanya privatisasi perusahaan-perusahaan
BUMN. Bahkan dia bertekad untuk menjadikan semua perusahaan BUMN
menjadi *perusahaan
publik* tapi tidak semua harus tercatat di bursa. "Saya tidak anti
privatisasi!" tegasnya kepada wartawan di sela acara BUMN Forum di Hotel
Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (9/5). Hanya saja, lanjut Soyan, privatisasi
harus dilakukan dengan cara yang benar dan sesuai dengan aturan yang
berlaku, termasuk melakukan konsultasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Sofyan memaparkan, dalam UU Nomor 8 Tahun
1995<http://72.14.235.104/search?q=cache:IBGhvQjCQv0J:www.bapepam.go.id/pasar_modal/regulasi_pm/uu_pm/index.htm+UU+Pasar+Modal&hl=id&ct=clnk&cd=5&gl=id>tentang
Pasar Modal disebutkan, jika perusahaan dimiliki lebih dari 200
pihak maka perusahaan itu wajib mendaftar di Bapepam. Sebab perusahaan itu
akan  menjadi *perusahaan publik* meskipun *tidak tercatat* di bursa saham.

Kirim email ke