From: kang_ocoy_maen_saham <[EMAIL PROTECTED]>
To: obrolan-bandar@yahoogroups.com
Sent: Sunday, May 18, 2008 3:34:52 PM
Subject: [obrolan-bandar] Re:BLTA - Q1 2008 Result Astounding (hati-hati
FAKTANYA)

saya mah bantu komen nambahin dikit penjelasan dr pak armando ajah
supaya mindset nya makin nyambung., konteksnya ga secara khusus BLTA
tp ini bisa jadi masukan buat temen2 sekilas trik creative accounting
en corporate finance. jadi beginih, sepengetahuan saya dr segi
corporate finance, salah satu trik yg bisa dipake CFO buat maen agak
"Taktis dan kreatif" adalah dy maen di EPS Growth ato kerennya
"Momentum" (since PASAR biasanya Kasih Empasis gede banget di EPS dan
analis pun seringnya cenderung lengah(ato males??) jd yg diliat cuman
EPS doank).

Umumnya Cara Maen Momentum (dari view CFO) gini ;

Akuisisi, Merger ato CA terkait pertumbuhan Anorganik, EPS biasanya
tumbuh. orang biasanya fokus di EPSnya, memang biasanya Setelah
konsolidasi EPS pun meningkat, meski biasanya fakta "value creation
ato destruction" ke "overlooked" padahal seringkali bahkan
kapitalisasi penambahan EPS continuity setelah akuisisi nilainya lebih
kecil dari "Harga yg Dibayar" atas CA itu (manfaat ekonomis yg
diterima masih kalah dari jumlah kas keluar untuk biaya akuisisi dan
beban kewajiban pajaknya ato kalo pake pinjeman masih ada tambahan
pengeluaran interest expensenya), nah seringkali ini disiasati dengan
"creative accounting" berupa OVERSTATE di Akun GoodWill dan UNDERSTATE
di Fixed Asset., kenapa? soalnya kalo Fixed Asset didepresiasi
sedangkan Goodwill engga, hence bigger BV Equity. Bigger BV Equity ini
sebenernya pun sifatnya agak "kosong" karena Working Capitalnya
malahan kecil karena Kasnya sendiri malah ga banyak, sementara
Tangible asetnya jg cenderung Understated. Nah dengan creative
engineering begini rasio Debt To Asset dan Debt To Equity bisa
"dipercantik" sekaligus pada saat bersamaan membuat Value Perusahaan
terlihat "atraktif" krn yg jadi Highlight adalah BV dan EPSnya tadi
(despite kasnya mengecil dan value tidak terconserved bahkan destroyed
tp itu belakangan krn yg jadi perhatian adalah naiknya EPS). nah trik
lanjutan dari sini adalah ketika EPS naik, Balance sekilas terlihat
sehat. Perusahaan dan manajemen bisa dengan enak "Raise" duit ke pasar
karena pasar umumnya liatnya EPS bukan "value" dan ketika EPS naik
bisanya multiplenya naik lebih gila lagi. dari sini maka lanjutannya
biasanya CA yg terkait pengumpulan dana (spin off ke bursa, RI, Public
Offering Etc). nah dari situ mereka bisa dapet duit lagi, napas lebih
panjang lagi. biasanya dilanjutin "akuisisi" lagi, EPS yg penting naek
sementara kualitas neraca biasanya "diutak-atik secara kreatif". nah
kalo ga hati2, biasanya pada titik tertentu investor harus waspada
soalnya yg kaya gini ini bom waktu. untuk BLTA kayanya belon begitu2
amat, tp indikasinya makin lama makin ga enak ko kevin wong makin lama
makin kreatif aja. hehehe, margin operasi menyusut en covenant mepet
dibikinlah non cash gain ato one time gain yg "semu" buat dongkrak
multiple. nanti kalo multiple kedongkrak doi mao CA raise modal kali.
hehehehehe