Wis lah, Kata Kuncinya "Margin-Expansion". Bisa dicari di referensi2
dan literatur2 terdekat dalam perpustakaan fakultas ekonomi yg berada
dalam jangkauan. entar ada penjabarannya lagi dr topline ampe
bottomline lengkap.

kalo mo dijabarin lengkap mendingan langsung ke studi kasusnya.
dimana2 juga ada. bisa diliat dr breakdown incremental beban pokok +
beban tambahan vs peningkatan sales yg berasal dr volume incremental.

Ya Iya Lah gak Linier, Kalo Linier mah kaga akan pernah ada yg
judulnya "Fase Pertumbuhan" ato Efisiensi Operasi. ga akan ada
namanya "value-creation", gakan ada ROIC. why do bother Investing.
Gubrag ah. komponen beban aja ada yg sifatnya lebih given dan rigid
(contoh material) dan ada yg relatif bisa diakalin karena menyangkut
efisiensi dan produktifitas(labour, administrative, marketing). Ya
Akuntansi dasar juga tau lah bedanya masing2 akun ini dan pengaruhnya
pada struktur akuntansi dan finansial.

mas hendrik sekali2 mungkin kalo kasih contoh biar arguable bisa
dibeberin dr contoh akuntansinya. jadi bisalah dilihat
incrementalnya.

I Would Say (meski tidak mutlak), Perluasan Kapasitas (tadi ngomongin
ini kan?) akan cenderung Membesarkan margin daripada Menurunkannya.
(economics of scale, kecuali pabrik beroperasi tidak dalam titik
efisien dan penambahan increment dalam raw material tidak bisa pass
on ke consumer. kalo ini yg kejadian maka margin justru menipis. tp
ini biasanya tidak terjadi ketika periode inisiasi pabrik baru td.
biasanya kalo ada shrinking margin ini dr ekses kompetisi dan
maturing industry) kenapa?. Ya Itu Tadi. Poinnya Pak Biru.Laut Td,
kalo gakan meningkatkan nilai tambah dan significantly increase
profitability. Gakan Dibikin Pabrik Baru karena yah gak feasible en
percuma Donkx....

saran saya, (maaf yah)its about time pak hendrik get down and get a
bit dirty untuk membaca dan membongkar laporan keuangan. yah supaya
lebih "kena" aja kalo ngebahas ginian. jadi kesannya gak "gimanaaaa"
gitu...

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "biru.laut" <[EMAIL PROTECTED]>