Kayaknya betul, gozco kan nama badut di sirkus pak ?
Bener kan ?
--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, sdk091 <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Mungkin yang dimaksud pak tom adalah gzco. coba baca analisanya
dibawah ini. gimana pak tom benar enggak nih.

>  salam
>
> analisa pak tom :
>
> Ngeliat prospeknya, lahan GZCO yg sudah menghasilkan baru 13ribuan
dari 50ribuan, artinya baru hampir 30% saja yg menghasilkan, itupun
usia panennya belum sekitar 9-12tahun (secara lahan CPO mak nyos nya
di usia 9-12tahun).. ..

> Artinya justru kalau dilihat dari prospeknya, paling nggak 1-2 tahun
lagi sudah menghasilkan secara sempurna.

> Dengan kondisi belum banyak menghasilkan saja (dari 13000 Ha lahan,
tidak 100% menghasilkan karena usia panen belum mencapai usia optimal)
dgn exp. EPS sekitar Rp31.6/share (dari 158bio Net Income / 5bio share
outstanding) dan dgn harga IPO Rp 225/share saja exp. PER di akhir
2008 sudah 7.12x, ini kalau harga IPO... Tapi kalau ikut PER rata2
industri 12-15x, harganya bisa Rp380-475/share. ..

> Perlu diingat lagi catatannya, Debt/Equity dia sekitar 89%an (very
highly leverage compare to AALI which is only 41% with PER only 12x),
dilihat dari liquiditasnya luar biasa, di hari pertama tranaksi g
terjadi sekitar 1,450,000,000 share yg artinya >95% dari listed share
outstanding. ...
> Kalau kita hitung bersama2, current liabilities GZCO Rp122bio,
noncurrent liabilities Rp633bio, jadi total liabilities sekitar
Rp755bio. Total equity dia Rp848bio. Semua pakai asumsi 2008 exp.

> Jadi kan hanya 89%, less than UNSP which is 235% (with PER 40), LSIP
D/E 126% (with PER 30), SMAR 120% (with PER 11 but their Net Profit
Margin in 2007 only 20%)

> Kalau kita bisa hitung pakai regresi (disediakan di excel, tools,
data analysis,regression ) dgn variabel berubah D/E,
> ROE, NetProfit Margin, Op.Profit Margin, %listed shares, & potensi
income in the next 5yrs considering they still have reserve land for
> almost 3x of their land which currently still producing... . PER
GZCO bisa sekitar 30an (dgn pembanding AALI, LSIP, UNSP, SMAR & SGRO,
data Q1 2008 dan sebagian pakai data Q4 2007)...

> Artinya harganya bisa sampai sekitar Rp 950/share di akhir 2008,
tapi saya rasa terlalu optimis, jadi beberapa faktor di discount,
> juga dgn menggunakan valuasi EV/Ha... Saya akhirnya coba cukup
optimis dgn Rp540/share (dengan range 500-550) di akhir tahun kalau
semua berjalan sesuai rencana. Memang ada potensi sampai ke 700 bahkan
950, tapi mungkin ada discount karena market masih dalam kondisi tidak
sebaik tahun 2007.

> Belum lagi kalau dilihat exp. ROE yg 39.5%, second highest after
AALI (even above SMAR which is 32%, UNSP 22% & LSIP 22%)

> Gimana kalau lahannya yg 50ribuan itu full panen ditambah rencana2
ekspansi dia....

> Kalau saya masih optimis dgn target price 500-550 di akhir 2008 dgn
asumsi PER 16-17x (above industry average considering high D/E, high
market liquidity, high ROE, etc)