From: jsx_consultant <[EMAIL PROTECTED]>
To: obrolan-bandar@yahoogroups.com
Sent: Saturday, August 9, 2008 11:53:50 PM
Subject: [obrolan-bandar] Re: Oil Geopolitics - August 8

--- In obrolan-bandar@ yahoogroups. com, Rei <highwaystar91@ ...> wrote:

> Memang kalo enak diversifikasi begitu sih Mbah tapi gain bisa2 jadi
flat lho krn 1 sisi naik, 1 sisi turun...(komoditi vs non-komoditi)
kecuali kalo ihsg naik (krn minyak turun, mis.), semua saham ikut
naik termasuk saham komoditi (euphoria pasar). Kemarin2 minyak turun,
ptba dan bumi malah naik ya...nggak ngerti deh, ujung2nya semua
terserah Bozz dah...
> Ma kasih Mbah. Good night!

Coba dicheck KALO BELON NGANTUK:
- Anggap minyak turun ke $100.
- Dulu lagi minyak $100, check harga saham commodity, bandingkan
dengan harga saham commodity Jumat sore. Harga sekarang udah lebih
rendah kan?, padahal minyak hari jumat sore WIB masih $119.
Jadi harga saham Commodity udah KEMURAHAN padahal minyaknya
belon ampe $100. Jadi saham commodity LAGI DIGEBUG tapi
bukan pake DUIT tapi pake FEAR yg DISEBARKAN dimedia termasuk
dimilis OB.

Note:
- Commodity ada yg Renewable dan ada yg tidak. Minyak, batubara,
tembaga, emas tidak bisa diproduksi, jika cadangannya makin
sedikit harga akan naik terus.
- Berbeda dengan jagung, jika harga jagung naik, petani bisa
menghasilkan jagung dalam 3 bulan sudah panen, dihalaman
rumah aja kita bisa namam jagung. Jadi jangan harap harga
jagung akan tetap tinggi. Kelapa sawit juga bisa ditanam tapi
perlu waktu 5 tahun. Pergerakan harga saat ini dominan
unsur PERMAINAN doang.
- Base metal yg cadangannya banyak dan tersebar didunia, harganya
akan berfluktuasi sangat besar.Ketika harga base metal naik,
semua berlomba lomba menambang, produksi naik,akhirnya harga
jatuh dan tidak tutup ongkos, mereka bangkrut dan
harganya naik lagi.
Kejadian ini tidak akan terjadi seperti pada emas dan tembaga,
harganya kan tetap tinggi dan cenderung naik terus dari
tahun ketahun...

Kirim email ke