Pak jsx_consultant,

saya cuman mau ulas lagi pointnya, tetapi dengan memakai net profit margin..

Inco Revenue 08Q2     : USD 439 million
Inco Net Profit 08Q2    : USD 156 million
Net profit margin 156/439*100 = 35%
jadi biaya production cost, admin, bunga dll : 439M - 156M = 283M.

harga rata2 nickel 08Q2 = USD 22.347/tonne

harga penutupan nickel LME 3 months kemarin = USD 18.600/tonne

di hitung dengan asumsi produksi, volume penjualan, cost Q3 sama dengan Q2.
Prediksi Revenue Q3: 18.600/22.347 * 439 million = 365 million
dikurang dengan cost 283M : 82M
Prediksi net profit margin Q3: 82M / 365M = 22% (yaitu masih positif)

Kalau di hitung terbalik, harga minimal nickel supaya INCO bisa tetap positive
net profit margin (0%) adalah USD 14.400/tonne.
Jadi harga nickel masi bisa turun 15-20% lagi baru INCO merah.

tentang inco lagi,. sekrang setelah kontrak dengan antam selesai,. mau di jual
kemana itu 1 million nickel ore pas skrg demand nickel pig iron dari china lagi
lesu.
satu point lagi, inco itu 100% nickel company, beda dengan antam yang skrg udah
80% nickel, 20% gold (sudah ganti haluan dari tahun kemaren 90% nickel, 10%
gold)

Johnson