*Wah, kalau oil turun di bawah 105$/bbl, keliatannya trade balance kita bisa
negative lagi seperti yang terjadi Juli 2008 ini. Malah bahaya pak...*
**
*Saya pernah evaluasi bahwa kita ini sebenarnya net trade balancenya
diuntungkan dengan kenaikan harga minyak dalam batas wajar (di bawah 130$).
Coba cek **www.bi.go.id* <http://www.bi.go.id>*, ambil data trade balance..
Jadi di salah satu sektor akan terjadi deflasi tapi overall akan membuat
trade balance kita semakin deficit...*
**
*Saat oil price booming akhir Q3 2007 sampai akhir Q2 2008 coba dilihat
berapa besar surplus trade balance kita...*
**
**
*T.o.m*