Pelonjakan angka inflasi ini lebih banyak disebabkan oleh kebijakan kenaikan
harga bahan bakar minyak (BBM) yang terjadi dua kali selama tahun 2005, yang
memicu kenaikan harga berbagai barang dan jasa sampai berulang-ulang kali.
Angka inflasi 17,1 persen yang di luar perkiraan banyak kalangan ini jauh di
atas angka inflasi yang ditetapkan dalam APBN Perubahan (APBN-P) 2005, yaitu
sebesar 8% - 9%.