Ok, master-master TA udah pada nongol kasih komentar..., saya cuma mau
nambahin sikit;

untuk bisa me-reinforce signal dari candlestick, sehingga anda bisa lebih
yakin.., pertama anda harus lihat dulu candle sebelumnya, anda juga harus
melihat volumenya, bandinkan dengan volume 'disekitarnya'.., lihat juga
posisi candle tsb (apakah diujung trend, ditengah, etc), dan juga harus
lihat apakah candle berada pada SAR level atau tidak, lihat juga kondisi
harga apakah OS/OB atau netral.., nah apabila kondisi-kondisi tsb 'agree
with each other', maka semakin kuat signal yg diberikan oleh candlestick...,
sehingga anda bisa lebih confident dalam mengambil keputusan.., namun mesti
diingat bahwa konfirmasi selalu diperlukan.

Sebaliknya, jika signal candle bertentangan dengan kondisi-kondis yg saya
sebutkan diatas, maka kita boleh meragukan signal tsb dan jangan ambil
keputusan apapun dulu.

Contoh candle BBRI hari ini, (pls see posting saya - BBRI) terbentuk pola
reversal yg cukup kuat, karena factor-faktor yg saya sebutkan diatas saling
mendukung satu dengan lainnya. Namun konfirmasinya baru besok bisa kita
lihat..., tapi kalau ntar malam DOW ijo, saya berani katakan MOST PROBABLY
besok short term reversal akan terjadi..., kenapa saya begitu yakin..,
karena kebetulan saya ada posisi!! hehehe... (yg ini becanda lo).

Regards,
JsxTrader