Assalamu'alaikum wr.wb.

Angku Sjamsir alias Mak Ngah, Pak Ridwan jo sanak RN di Palanta. Banua dan
KMM Mesir,
Ambo ateh namo urang dapua di Sumatera Thawalib Parabek, manyampaikan banyak
tarimo
kasih atas perhatiannyo nan panuah ka Parabek dan
http://thawalibparabek.tripod.com/ ko baru langkah awal dari usaho
mengembangkan sejarah Inyiak Parabek nan alah banyak dilupokan urang, pada
hal
Madrasah Sumatera Thawalib saat ini sudah berkembang dengan cukup pesat,
meskipun belum terlalu pesat. Usaha-usaha yang dirintis dari Ustazd-ustazd
kito dulu, murid-murid dari Inyiak Parabek, alhamdulillah masih tetap
konsisten dalam mengembangkan pendidikan Islam untuk mencetak kader-kader
ulama di Minangkabau.
Secercah kilas balik Parabek sampai pertengahan tahun ajaran ini memperoleh
pengakuan yang cukup baik. Prestasi yang sudah dicapai lumayan, dan ini
bukan termasuk kelompok riya', tapi sebagai laporan indeks prestasi.Madrasah
Sumatera Thawalib (MST) Parabek, tahun ini memperoleh predikat terbaik
(urutan ke-5) dari 300 lebih Madrasah Tsanawiyah se- Sumatera Barat. Tahun
2003 menempati rangking ke-7, dan berada dalam kelompok 10 terbaik.
Presentase kelulusan tahun 2003/2004 ini 100%.
Hasil promosi lokal dan Website yang dimuat oleh alumni MST
Parabek (sampai saat ini saya belum tahu siapa nama dan alamatnya. Jika
membaca email ini mohon dikonfirmasikan) telah menjadikan Kampus MST (kini
ada yang menjuluki Pesantren Thawalib Parabek) tidak dapat menampung
keinginan masyarakat untuk menerima seluruh siswa baru yang sudah melampaui
kapasitas diatas 250 orang. Setelah diterima ternyata peminat siswa
pria jauh lebih banyak dibanding siswi. Hilang sudah image MST Parabek
selama ini hanya untuk sekolah atau madrasah wanita yang kalau sudah kelas 3
atau 4, berhenti dan menikah.
Pada tahun ini (September) ini 8 lulusan MST Parabek melanjutkan
pelajarannya ke Al-Azhar Mesir, dan tahun ini telah mengirim 2 siswi terbaik
dan seorang guru (juga terbaik) ke USA untuk study banding selama 1 bula. 7
orang siswa (5 putra dan 2 putri) bulan Juni lalu telah dikirim pula ke
Malaysia untuk sutudy banding di Kolej (Pergruan Tinggi) Dar Al-Hikmah di
Gombak, KL dan di Ma'had Al-Ummah di Ipoh, Perak. Sementara itu untuk
meningkatkan SDM seorang guru mengikuti Training bidang pertanian dan
agrobisnis di Sukabumi selama 6 bulan atas biaya ASEAN dan atas kerjasama
MST Thawalib Parabek dengan Pesantren Husnayain, Pimpinan KH Khalil Ridwan.
Dalam pada itu MST Parabek kini sudah menjalin hubungan kerjasama dengan
ABIM Malaysia dan pada tgl 22 Juli 2004 lalu di Parabek atas kerjasama
dengan Pemda Agam dilaksanakan Seminar Sehari tentang Peranan Buya Hamka
dalam mengembangkan Islam di Malaysia dan Indonesia. Tahun ini MST Parabek
sudah mendapat bantuan seorang guru dari Mesir.
Dalam pada itu, Yayasan Syekh Ibrahim Musa yang mengelola MST Parabek,
sedang mengembangkan visi dan misinya kedepan sebagai Lembaga Pendidikan
Islam tertua di Minangkabau (didirikan 1910), memerlukan pengembangan sarana
dan prasana. Berbagai lapisan masyarakat dan pemerintah sudah menyampaikan
dukungan dan bantuannya, baik secara langsung maupun secara mandiri.
Kiranya sidang RN yang ada di Palanta ini dapat pula berlomba-lomba kepada
kebajikan dan memberikan bantuannya kepada peningkatan pembangunan MST
Parabek.
Bantuan yang sangat diperlukan adalah pembangunan tambahan lokal belajar,
pembangunan asrama putera dan bantuan untuk anak-anak yang tidak mampu
(orang tua asuh). Untuk bantuan anak asuh ini, diperlukan bagi pembiayaan
anak-anak keluarga yang benar-benar tidak mampu, tetapi anaknya mempunyai
keinginan besar untuk menjadi kader ulama dan cukup cerdas. Terdapat saat
ini puluhan anak-anak yang tidak mampu belajar di MST Parabek, termasuk
anak-anak yatim dan piatu. Untuk ini MST Parabek menerima uluran tangan para
donatur untuk memberikan dana anak asuh ini.
Untuk penyaluran dana ini dapat dikirimkan ke rekening Yayasan Syekh Ibrahim
Musa, No. 809 000 802 224 001 BNI Syari'ah Bukittinggi dan mohon disebutkan
kriteria bantuannya (seperti: pembangunan asrama atau lokal atau anak asuh).
Demikianlah,
Wabillahittaufiq wal Hidayah
Wassalam
Zulharbi Salim
Ketua Yayasan Syekh Ibrahim Musa Parabek
http://thawalibparabek.tripod.com/
email : [EMAIL PROTECTED]