> Pertanyaan mengenai Bahasa. Kalau dalam Bahasa Arab
> ada Ustaz (m) dan
> Ustazah (f), adakah bentuk f dari Ulama?

Hmm,.boleh juga nih pertanyaan.Ulama itu ngak ada " ta
marbuthahnya ", seperti ustad/ah .Ia jama'taksir (
yang menunjukkan banyak, lebih dari dua orang , atau
plural dari 'aalim ".Bisa dipakai untuk Lk dan Pr.

> Kalau Ulama merupakan orang yang berpengetahuan
> dalam (terutama mengenai
> Agama Islam).

Kata ulama ini sudah saya jelaskan kalau saya tidak
salah, ketika postingan " makna ulama, atau judul apa
", yang pasti disana saya menjelaskan bahwa, ulama itu
mencakum semua orang yang berilmu apa saja, baik
agama, ataupun umum.

 apakah Sheikh juga begitu?

Tidak, syeikh itu  panggilan untuk orang yang selalu
ceramah, tapi pada umumnya tidak bertitel di belakang
namanya.Dan umumnya orang yang sudah tua, dan
berpengalaman dalam hidup. Dan benar, syeikh itu dulu
ada tercantum dalam Al Qur'an ," Asyaikh,.wassyaikhatu
" , ( seakan-akan cuman orang yang sudah tua berzina
saja yang direjam, sementara yang muda tidak ), maka
kemudian diganti dengan kata " Azzaani,
wazzaaniyatu...dst..( surah An Nur ),

yang Ataukah
> Sheikh hanya merupakan
> titel atau rank dalam masyarakat Arab (yang mungkin
> juga diadop di luar
> budaya Arab)?

Saya tidak tahu, apakah itu diadop dari luar Arab,
yang pasti pernah ada bunyi ayat semacam itu dulunya,
kemudian di nasikhkan ( dihilangkan )

Apakah bentuk f untuk Sheikh?

" As Syaikhah " jamaknya " Assyuyukh " ( untuk lelaki
), " Assyaikhaat " , untuk Pr.

Berbeda dengan kata ulama, jamaknya untuk semua ( lk
dan pr, karena ia jamak taksir, bukan jamak mudzakkar
salim ( untuk plural lk ), atau jamak muannassalim (
pr )

> Kalau Kiay itu bahasa apa? Bahasa Jawa saya kira ya?
> Adakah pula bentuk f
> dari Kiyai?

Wah,..kayanya bener tuh, kiyai berasal dari bahasa
Jawa.Atau Sunda, atau Betawi kali yah..?. Saya kira pr
dari kiyai,yang lebih tahu orang daerah yang selalu
sebut kiyai itu kali.

Inilah kelebihan Bahasa Arab, unik dan menarik,serta
sangat-sangat sulit, saking banyaknya kosa katanya.

> Role Rahima sebagai Guru dipanggilkan Uztazah
> (Professor) Rahimah, apakah
> panggilan f nya untuk untuk Ulama, Sheikh, dan
> Kiyai? Tolong terangi saya
> di jalur pribadi. Terima kasih.

Maaf saya kirimkan juga di jalum, tanpa menyebut nama
" penanya ", moga-moga ada manfaatnya buat yang lain.

Sebenarnya panggilan ustadzah ini, kurang tepat bagi
orang Arab, sebagai guru seperti saya, meskipun sedang
ambil program MA , tetapi ia dosen yang sudah
benar-benar mencapai tingkat gelar Profesor.

Tetapi lain lubuk lain ikannya kali, maka sering di
Indo, guru-guru ngaji dipanggil ustadz/ah, padahal itu
panggilan terlalu tinggi buat seorang guru.

Kalau di Arab, guru dipanggil " Ablah ", sama dengan
panggilan " Uni ".tetapi bila ia seorang guru sedang
mengambil program magister or doktoral, maka sering di
panggil orang " ya duktur/ah ", maksudnya sekalian
mendo'akan agar kuliyahnya selesai sampai doktoralnya.

Wassalam.rahima.