--- Yus Rustandi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamu'alaikum.w.w.
>

> Pak Guru saya mau Tanya…?
>

> Kalau melihat susunan kalimat seperti :
>

> 1.  Huwa ‘alal maktabi hunaka…kata /benda apa yang
> dianggap gender lakai laki ?

Kemaren sudah saya jelaskan cara membedakan kata benda
antara lk dan pr adalah terletak di " ta
marbuthahnya).

Ta marbuthah menunjukkan "muannas"(benda sejenis pr)
" Kitaabun" = (mudzakkar)=lk.
"kurraasatun"= (muannas)=pr. Ada "ta marbuthahnya"
(tun)

"Qalamun"=Pena (mudzakkar)
Haqiibatun = tas(muannas)

Maka pada kata qalamun, dipakai " Huwa"
Pada kata Haqiibatun" dipakai " Hiya ".
Dulu sudah disampaikan pada pelajaran tentang
addhamaair(kata ganti), silahkan dihafal dan
ulang-ulang kembali pelajaran yang telah saya
sampaikan sebelumnya.

> 2.  Hiya tahtal maktabi …………kata /benda apa yang
> dianggap gender perempuan ?
>

> Betulkah huwa itu kata ganti orang kedua tunggal
> untuk laki laki?

Benar. Lihat kembali pelajaran tentang addhamair.juga
pelajaran yang telah berlalu mengenai kata
petunjuk(isim isyarat).

> Kalau melihat kalimat kedua  kata bendanya sama (
> maktab/maktabi) kenapa menggunakan : hiya?

Pertanyaannya : " aina kitaabu Muhammadin "
Jawabannya    " Huwa'alalmaktabi hunaaka "
Yang ditanya adalah "Kitaab". Kitaabun ini adalah
benda mudzakkar, maka jawabannya memakai " Huwa ".

Pertanyaan satu lagi pada pelajaran lima dilatihannya.

'Ainal haqiibatulmudarrisi'(bukan mudarrisun da
Sutan),

 Kenapa mudarrisi, tidak mudarrisun, bentuknya seperti
fa'il saja mudarrisun itu(guru bukan, ? tidak saat itu
tempatnya mudarrisun bukan sebagai fa'il, atau subjek,
tetapi mudahaafun ilaihi), dan karena ia mudhaf,
mudhaafun ilaihi(yang disandarkan dan yang
menyandarkan), kita belum masuk dalam pelajaran ini,
jadi kesalahan dimaafkan. Seperti kata " rumah sakit
"(dalam bahasa Indonesianya. Rumah dan Sakit.Tetapi
kalau digabungkan menjadi rumah sakit, kalau
dipisahkan katanya akan berbeda arti. Satu rumah, satu
sakit.(kira-kira begitulah dalam bahasa Indonesianya)

Sama dengan contoh : "Kitaabu Muhammadin "(ini mudhaf
mudhafun ilaihi juga).

Sementara pada contoh pertanyaan : " Aina
haqiibatulmudarrisi " (dimana tas guru)?
Yang ditanya adalah " haqiibatun"(tas), maka dalam
jawaban memakai dhamir(kata ganti ) muannas=pr, yaitu
"Hiya".

Catatan : Mohon sekali difahami betul Dhamair yang
telah saya berikan sebelumnya, biar pelajaran kita
nyambung terus.

Dan untuk yad, pelajaran bahasa Arab ini hanya saya
kirimkan ke milist "[EMAIL PROTECTED]" saja.
Tidak lagi dicacakan dimana-mana. Cukup satu alamat
saja, silahkan bergabung bagi yang belum mendaftar di
milist itu.

Wassalam. Rahima

"http://us.rd.yahoo.com/evt=34442/*http:/www.yahoo.com/r/hs"Start

"http://www.assunnah.or.id/ragam/files/index.php"http://www.assunnah.or.id/ragam/files/index.php