Ysh dunsanak dalam topik diskusi ini.

Sebelumnya saya sampaikan terima kasih kepada sanak Sutan Sinaro
yang sudah mengirimkan 8 file via japri. Sementara waktu saya belum
bisa membaca dan mempelajari karena kesibukan, namun saya menghargai
sanak. Mudah-mudahan Allah melimpahkan taufiq dan hidayahnya kepada
sanak.

Kedua, untuk dik Rahima, menarik kutipan ini:
> Bari maaf ambo ka dunsanak palanta ka sadonyo. Ambo
> ko lah jadi 'kamanakan'
> dek Haji A. Rahim Sumin, suami dari Hj. Rahima.
Kalau boleh agak pribadi sedikit, penamaan adik menggunakan adat
apa? Dan bagaimana kaidah Islam mengaturnya?

Berikutnya, sepertinya yang sedang dibicarakan adalah
masalah "harta" "kaum". Cukup banyak dimensi disini:
- apakah tanah itu adalah harta dalam perspeksi masyarakat Minang?
- apakah tanah ulayat konkruen dengan rumah gadang dalam
pengelolaannya?
- apakah bila meninggal seseorang dalam suatu kaum, maka tanah itu
bisa diwariskan?
- maka apakah tanah ulayat itu adalah "harta", dan dalam perspeksi
bagaimana?
- dst.

Mohon dikaji: bila seluruh kaum meninggal, maka baru jatuh hukum
waris. Kiranya tidak usah mengada-ada mengkaji masalah wakaf,
wasiat, dlsb dalam konteks "pusaka kaum", terutama bila tidak
memiliki pengetahuan tentang itu. Mudah-mudahan Allah melindungi
kita dari sikap yang berlebih-lebihan.

Saya mohon maaf tidak bisa secara intens mengikuti diskusi, karena
kesibukan dan perjalanan ke luar kota, setidaknya hingga awal Juli
mendatang. Maaf dan salam.

-datuk endang