Sukseskan Pulang Basamo Juni 2008

A S U R A
  Oleh dr.H.K.Suheimi

  Malam ini saya operasi Caesar. Sedang operasi Elmaneti mengingatkan saya
:”Besok hari asura kan dok? Dokter puasakan?” Baru saya teringat bahwa di hari
asura itu kita diseru untuk berpuasa. Lalu saya shalat Tahjud dan makan sahur
dan memasang niat berpuasa esok hari di hari asura. Untuk lebih meyakinkan diri
saya balik-balik ensiklopedi Islam, disana terungkap prihal Asura ini.
  Asura adalah hari kesepuluh bulan Muharam. Didalam Islam hari  asura dipandan
sebagai hari yang mempunyai keutamaan karena pada hari itu Allah SWT telah
menentukan banyak peristiwa yang terjadi dimuka bumi yang menyangkut
pengembangan agama Tauhid
  Pada hari asura Tuhan menciptan Arsy, langit, bumi dan matahari serta bulan
bintang dan surga. Nabi Adam AS diciptakan, dicptakan dan bertobaat pada hari
Asura Nabi Idris AS diangkat ketempat yang tinggi. Pada hari itu pula perahu
nabi Nuh AS merapat di bukit Judi. Nabi Ibrahim AS dilahirkan pada hari Asura
dan paa hari itu pula ia diselamatkan dari api unggun. Pada hari Asura mata
nabi Ya’qub AS disembuhkan. Dan pada hari itu Nabi Yusuf AS dikeluarkan dari
penjara. Demikian juga Nabi Musa AS dan pengikutnya mencapai keselamatan dihari
Asura , sementara Fir’aun dengan pengikutnya hanyut ditelan gelombang.. Pada
hari itu Nabi Yunus AS dikeluarkan dari perut ikan. Pada hari Asura Nabi Isa
dilahirkan dan pada hari itu pula ia diangkat kelangit.
  Mengingat keutamaan hari Asura maka didalam Islam hari itu dipandang sebagai
salah satu hari yang mengandung banyak keutamaan. Hal ini terlihat dari sabda
Nabi Muhammad SAW “barang siapa yang melapangkan keluarga dan famili pada hari
Asura niscaya Allah melapangkannya sepanjang tahun itu”
  Untuk menyambut hari yang utama itu Nabi Muhammad SAW menganjurkan agar
ummatnya berpuasa. “Puasa dihari Asura menghapuskan dosa pada tahun yang lewat”.
  Pembantaian Hasan dan Husen cucu Nabi Muhammad SAW  di padang larbala oleh
Yazid bin mu’awiyah.
  Di Pariaman pada hari Asura  dilakukan upacara besar-besaran jamuan makan dan
arakan  yang disebut tabut. Setelah acara selamatan selesai, tabut tersebut
dibawa beramai-ramai kepinggir pantai sambil menyorakan “Hayya Husein- Hayya
Husein (Hidup Husein) Sebagai tanda bahwa semua upacara peringatan telah
selesai, maka tabut dibuang kelaut. Tapi tahun ini sepi-sepi saja, tidak ada
tabut
  Belum ada penelitian yang serius apakah tabut ini tumbuh dengan sendirinya
sebagai produk kebudayaan daerah dan merupakan pengaruh dari ajaran syiah.
Meskipun demikian dapat diasumsikan bahwa munculnya peringatan besar-besaran
tersebut tidak terlepas daripengaruh agama. Dari ucapan “Hayya Husein” yang
disorakkan oleh para pelaku peringatan itu, kelihatan bahwa peringatan hari
Asura mendapat pengaruh dari syiah..
  Saya pasang niat dan saya laksanakan puasa hari ini sebagaimana yang
dianjurkan Rasul
  Semoga hari Asura mengingatkan kita akan  peristiwa-peristiwa besar di alam
semesta ini