Sukseskan Pulang Basamo Juni 2008

Alaikumsalam
  Salam sejahtera
  (Saya selalu datang dengan greeting ini, karena diantara
  peminat pulangbasamo ado saudara kita non-Muslim)

  Terimakasih kepada Mas Wariki Sutan Pamuncak atas
  pencerahannya sebagai jawaban atas soalan yang dibawa
  Encik Jamal.

  Saya fwdkan ke Rantaunet karena banyak bersinggungan
  dengan isu wisata yang sekarang jadi top dimilis orang awak
  seluruh dunia.

  Wassalam
  dutamardin

Wariki Sutikno <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Assalamu alaikum wr.wb.

Encik Jamal, Bang Duta, dan seluruh warga Rantaunet
yang ambo cintai...

Alah lamo ambo indak karajo di Jakarta, jadi ini
sekedar komentar seadonyo sajo..

Sumatra adalah the second most growing region di
Indonesia setelah Jawa dan prospek ke depan Sumatra
akan semakin pesat. Sejak awal tahun 1990an BAPPENAS
(National Planning Agency) telah mengembangkan
kerjasama regional seperti northtern triangle (North
Sumatra, Thailand, Malaysia) dan Sijori (Singapore,
Johor, Riau). Kerjasama ini bertujuan mendorong
percepatan pertumbuhan ekonomi yang saling
menguntungkan di wilayah2 tersebut atara lain dengan
kemudahan2 prosedur, efisiensi biaya2, dan dukungan
pembangunan infrastruktur. Sumatra Barat juga
tergabung ke dalam northern triangle ini, namun saya
tidak punya informasi sejauh mana akses darat dari
pantai timur Sumatra ke Sumatra Barat telah
dikembangkan. Jalan trans Sumatra, baik jalur barat
maupun jalur pantai timur setahu saya terus mendapat
perhatian sebagai jalur strategis. Ide untuk membangun
jembatan atau pun terowongan di selat Sunda yang
menghubungkan Sumatra dan Jawa juga telah dirancang
sejak awal tahun 1990an, saya tidak tahu apa
perkembangan terakhir, tapi yang jelas peningkatan
arus lalu lintas dan barang Jawa-Sumatra terus
meningkat.

Khusus mengenai pariwisata Sumatra Barat, alam Sumatra
Barat sangatlah indah. Saya juga mohon maaf tidak tahu
perkembangan terakhir bagaimana, namun saya merasa ada
sesuatu yang perlu dibuat BANGKIT dalam penanganan
pariwisata Sumbar ini. Saya pernah membandingkan Bali
dan Sumbar dalam mailing group ikatan mahasiswa Islam
di Amerika (IMSA). Secara umum alam Sumatra Barat
lebih baik dari Bali. Di Bali, Kintamani mungkin yang
paling indah, tapi di Sumatra Barat begitu banyak
pemandangan alam yang mengagumkan (maklum ini Bukit
Barisan bo...!). Yang membuat Bali begitu unik adalah
culture-nya. Dengan motto (social trademark: the
Island of God, aspek culture ini terwujud dalam
arsitektur, seni (tari,lukis, ukir), dan ritual
keagamaan dan kehidupan sehari-hari.

Pada diskusi di mailing gropu IMSA tersebut saya
keluar denga slogan untuk Sumatra Barat sebagai the
region of ultimate blessings, saya kira ini masih
terlalu kasar, spontan, dan lucu. Setelah saya
renungkan kembali, motto Sumatra Barat: Alam
Terkembang Kalam Ilahi sudah sangat bagus dan dalam,
mungkin perlu dicarikan terjemahan bahasa Inggris yang
tepat untuk promosi ke luar negeri.

Konsekuensinya memang ada sedikit beda dari Bali, di
Bali 'kebebasan' mendapat tempat dengan leluasa,
seperti di Kuta. Di Sumatra Barat kita tetap perlu
mempertahankan jati diri budaya dan keIslaman. Bali
juga mempertahankan Hindu dan budayanya, hanya saja
Bali memberi tempat pula pada budaya asing. Sumbar
mungkin tidak perlu larut. Beberapa wawancara yang
saya lakukan dengan wisatawan Jerman dan Jepang di
Maninjau, mereka respek dengan aturan budaya setempat
dan mereka datang karena ingin menikmati keindahan
alam. Jangan lupa aturan budaya dan agama yang tetap
kita pertahankan bisa juga menjadi sesuatu yang
'excited' bagi para pelancong, misalnya kita harus
pakai kain kuning kalau mau masuk pura tertentu di
Bali, kenapa kita tidak mewajibkan orang musti pakai
'kain' bila berenang, atau bikin sekat untuk tempat
berenang, dan tidak boleh jalan2 pakai bikini.....?

Wassalam,

Wariki Sutikno - Sutan Pamuncak.

--- dutamardin umar wrote:

> [...]
> Sumatra. Elok sekali kita melihat jurusan hukum
> dalam hal ini. Sekira dibolehkan, satu rahmat untuk
> rakyat Sumatra.
>
> Perlu juga kita ingat bahwa pembukaan perdagangan
> Sumatra ini satu usaha yang berpanjangan dan
> mengambil sepenuh tumpuan dan tenaga. Satu
> secretariat penyelaras kearah ini nampaknya tidak
> dapat dielakkan.
>
> Insya'Allah saya akan bersamo dengan program pulang
> ini. Please count on me.
>

> dutamardin umar wrote:

> Sucker-punch spam with award-winning protection.

test'; ">