Ini akan menjadi polemik saja. jika gelas terisi air comberan maka yg
kosong mungkin lebih baik. namun demikian saya berpendapat bhw esensi
sesungguhnya adalah sebuah harmonisasi dengan elemen2 kehidupan dan
hukum "kesemestian". dari sejak riwayat pernah ada, terbukti keburukan
tak pernah hilang. dan kita selalu memuja2 "kebenaran" (setidaknya yg
kita anggap benar). ini sangat ordinary banget. petuah2 kearifan
bekerja dilevel ini sekedar membatasi org. namun lagi2 riwayat cuma
mencatat bhw kita selalu "dihantui" oleh keburukan sebagai tanda bhw
dia tak pernah hilang.

memperhatikan keburukan dan meneruskan kebaikan adalah fitrah
sipirituil kita. krn kita semua tau bhw hdp bukanlah utk kesempurnaan
tapi lebih pada belajar keiklasan. maka dosa atas keburukan yg tak
pernah hilang itu jadikan saja milik orang lain -krn org lain bukan
milik kita dan tak bisa kita kendalikan- yg tak bisa menyakiti diri
kita. maka kita dianjurkan menjadi agen kebaikan sebanyak mungkin.
itulah sebabnya sebuah petuah lama masih sgt berguna yaitu mulailah
dari diri sendiri sebelum menasehati org lain atau memonten org lain.

tapi lihatlah bagaimana postingan inipun terlihat spt menasehati org
lain sebelum mungkin saya belum melakukan apa2. walaupun dengan dalih
sedang menasehati diri sendiri, namun kesalahan seolah2 sedang
terjadi. hanya sebuah pelajaran kecil saja yg bisa saya petik bhw
melakukan "kesalahan" bisa membutuhkan keiklasan yg lbh besar daripada
berbuat sebuah "kebaikan" agar diri sendiri "masuk sorga".

--- In [EMAIL PROTECTED], dutamardin umar <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Nasehat nan bijak. Liek galeh bagian nan barisi. Bukan bagian
>   nan kosong.
>
> chaidir latief <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>
>         janganlah memandang diri sendiri dari kaca mata yang jelek saja
>   chaidir N Latief

dsb,adalagi budaya prilaku yang biasa dilakukan masyarakat Minangkabau
zaman berzaman yang akan saya paparkan dibawah ini.
>   1. Berburu babi
>       Selain dari bermuhibbah disinilah tempat menunjukan kehandalan
seseorang dengan  menyorokan babi,menyorak anjing atau membunuh babi
seorang diri,mempermain mainkan buruan,sebentar babi nampak sebentar
hilang tidak dapat dikesan,ada yang mengambil daun jelatang api dibuat
ulam, ada yang memanjat pohon dedap berduri dan adopulo nan indak tau
jalan keluar rimba.
>   2. Ilmu hitam.
>      Gasing tengkorak,sijundai,gayung,mencipta hujan (maruruah hari)
denginkan api (nasi dan gulai takmau
masak).pakasiah,pamanih,pambanci,santuang palalai,mauduah,mengirim
binatang berbisa,membusungkan perut,tahan basi,makan kaca.
>   3. Membuat racun, membuat biring.
>       Beri kepada tetamu yang tidak disenangi,atau dikirim lewat
angin
>   4. Main koa dan Damino
>       Main2 saja atau baampok (berjudi)
>   5. Babini banyak
>
>   Kapado Niniak Mamak dan Sanak kasadonyo, ingin hamba
bertanya,adakah perkara2 yang hamba tuliskan diatas masihlagi menjadi
amalan masyarakat Minangkabau hari ini? ataukah sudah beransur luput
ditelan arus kemajuan terkini?.