Salam,

Para Capt. terhormat, dan semua pelaut Indonesia,
Dibawah ini ada 2 e-mail yang saya kutip merupakan Bukti nyata bahwa
pelaut kita peduli... ketika kita mendapatkan kesulitan, masih
banyak org yg ingin membantu. Melihat dan membaca setiap email,
dapat ditarik bahwa para senior-senior kita tidak tutup mata thdp
perkembangan pelaut selanjutnya yaitu para junior-junior yang masih
bau kencur didalam terjangan ombak laut (bahkan belum pernah)Mereka
tidak tau persiapan apa yg seharusnya mereka persiapkan untuk
menjadi seorang generasi bahari. kutipan email ini memberikan saya
secercah harapan bahwa masih ada peluang dan kesempatan yang luas
disana untuk menjadi pelaut, walaupun background saya lulusan dari
sebuah universitas tp hati saya terketuk dan ingin merubah haluan
utk mjd seorang pelaut. Berbagai sertifikat (BST, SCRB, AFF, MFA,
dan TANKER FAMILIARIZATION) saya ikuti pendidikannya, tidak luput
juga paspor dan buku pelaut saya cetak dengan segera untuk
mempersiapkan semuanya demi menjadi pelaut. Sedikit berbagi dengan
yang lain no.id pelaut saya 6200464479. Rekan- rekan pelaut yang
belum mdapat pekerjaan sebaiknya terus berusaha, saya pun demikian
adanya dalam mencari pekerjaan yang mengarungi lautan luas.

Trimakasih
Raymond Pinontoan

Inilah email yang saya maksud, antara lain:

> adi barata
>   aku terenyuh apa dengan yang kamu rasakan untuk mencari
pekerjaan, cobalah kamu fax CV kamu ke no.0542-421707 att.rearnando.
mudah-mudahan dapat membantu kamu.
> adi barata <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> NB: email : [EMAIL PROTECTED] , Telp 081372805553

Re: [pelaut] ada yg bisa bantu

Dear Wandi :
Sebelum anda terjun ke dunia kelautan, saya beritahu, anda akan
mengeluarkan biaya yang besar. Anda harus mempunyai beberapa dokumen.
Berikut dokumen minimum yang harus anda punya :

1. Buku Pelaut : Bisa anda ambil di syahbandar atau di Dirjen PerLa,
Medan merdeka barat Lantai 12.
Biaya : Bervariasi, Rp. 125 - an
2. ANT - D : Biarpun koki anda harus punya. Bisa anda ambil di tempat
dekat lokasi anda ( saya tidak tau anda dimana sekarang)
Biaya : bervariasi, tergantung lembaga diklat
3. BST : Basic Safety Training ( Sertifikat wajib bila anda
ingin kelaut )
Biaya : Bervariasi, tergantung lembaga diklat ( Rp. 800-an )
4. SCRB : Survival Crafr and Rescue Boat
Biaya : Bervariasi, tergantung lembaga diklat.

Jika anda memerlukan informasi lain, silahkan reply email ini
langsung
ke email saya. pendawa(at)gmail.com ganti (at) dg @. Biasanya mesin
spam
yahoo groups menyensor email address :)) Oh ya.. sekalian kota anda
skrg
dimana.

Saya skrg ada di Company Malaysia, North Port, Port kelang

Makasih, kalau kurang puas bisa hubungi senior-senior di Milis ini,
Ada
Capten Budiman, Capten Husein "Melinda" Dan banyak lg..

Thx

JALESVEVA YAYAMAHE