Dear Pak Budiman,

saya setuju dengan saudara Leo.Mungkin solusinya
adalah Allotment.Mungkin bisa kita lihat pada crew HAL
yang ada di SBI.Efektif & efisien,crew tidak perlu
susah-susah dan mahal2 ke western union atau membuang
waktu istirahat yang berharga.Walaupun bukan
mandatory,tapi dengan begitu crew punya pilihan yang
jelas yaitu :untuk menelantarkan
keluarganya/menghambur-hamburkan salarynya atau
mengamankan salarynya untuk keluarga sebelum tiba di
tanah air.
Semoga ini bisa jadi masukan

Regards,

Dodi