From: leonardo laurent <leo_laut...@yahoo.com>
To: pelaut@yahoogroups.com
Sent: Sun, April 18, 2010 11:00:42 AM
Subject: Re: [pelaut] Jurus menghadapi Kelangkaan Perwira

Yth Pak Budiman,

Saya Jadi bingung- kalau dikatakan kelangkaan perwira.
Padahal tiap tahun Diklat diklat pelayaran baik negeri ataupun swasta
menelorkan
banyak perwira2 muda, mungkin biasa ribuan orang. Tapi tidak salah kalau
dihitung dengan luas negara kita yg notabene adalah negara kepulauan.

Jurusnya ?

1. Permudah orang indonesia bisa masuk sekolah pelayaran ( negeri ataupun
swasta
)
2. Flexible dengan tata cara pendidikan.
3. Rotasi masa layar dikapal di kurangkan ( utk tdk membuat orang takut ke laut
nantinya

4. Kalau mahal biayanya - ( Bisa gak dengan bekerja sama dengan bank negeri
-minta kredit / yah macam pinjaman lunak selama sekolah - setelah tamat -
ijasah
pelayaran ditahan oleh pihak bank - kemudian kita cicil utk pelunasannya -
dapat
ijasah.)
5. Fasilitas perlu diperhatikan ( tunjangan utk keluarga - kesehatan - uang
tunggu dllnya )
6. Tambah sekolah / diklat pelayaran di tiap2 Pulau besar ?

Mudah-mudahan bisa untuk masukan.

Sukses pelaut Indonesia.
leonardo